Bernostalgia Lewat Film

AADC2
AADC2
Sumber :
  • Twitter

VIVA.co.id – "Rangga, yang kamu lakukan ke saya itu...jahat," begitu kata Cinta pada Rangga. 

Cinta membawa Rangga ke masa lalu. Terucap setelah ratusan purnama terlewati. Meski janji Rangga pada Cinta akhirnya terpenuhi. Keduanya kembali bertemu setelah 14 tahun terpisah jarak puluhan ribu mil jauhnya.

Pertemuan yang merangkai Rangga dan Cinta mengembalikan cerita 'indah' di masa lalu. Penggemar film fenomenal Ada Apa Dengan Cinta ini pun ikut semringah. 

Mereka mendapati kisah cinta gantung tersebut kembali dilanjutkan. Sekuel film ini pun jadi reuni para bintang dan mengundang rasa penasaran para penggemar lamanya.

Nostalgia memang indah. Memanggil kenangan yang melekat di masa lalu dan membicarakannya lagi selalu menarik dan menggairahkan. Karena itulah, film sukses di masa lampau yang dibuat ulang selalu menarik perhatian. 

Lewat film remake, reboot, sekuel lanjutan, bahkan spin-off tak pelak kerap kali berhasil jadi jurus para sineas bernostalgia dengan penonton setia.

Sepanjang 2016, perfilman Tanah Air cukup diramaikan dengan sejumlah film yang dibuat ulang atau dilanjutkan dari kesuksesan di masa lalu. Bukan hanya mampu memanggil lagi basis penggemar lama nan loyal, penggemar baru pun kian berdatangan.

Ada Apa Dengan Cinta 2

Bintang Film AADC 2.

Dian Sastrowardoyo (kiri) dan Nicholas Saputra (kanan) saat menghadiri konferensi pers film Ada Apa Dengan Cinta 2 di Hall Senayan City, Jakarta Pusat, Senin, 25 April 2016. (VIVA.co.id/Muhamad Solihin)

Ada Apa Dengan Cinta 2 jadi jawaban terhadap penantian panjang para pencinta film ini selama bertahun-tahun. Masih dibintangi Dian Sastrowardoyo dan juga Nicholas Saputra, film ini mengawali geliat film Tanah Air pada 2016.

Tayang perdana pada 28 April 2016, AADC 2 mendominasi layar bioskop Indonesia. Bahkan, meski tayang bersamaan dengan film blockbuster Hollywood Captain America: Civil War, AADC 2 bak tak tergoyahkan. Tiket selalu terjual habis setidaknya selama lebih dari sepekan pertama. Dua juta penonton pun berhasil terkumpul hanya dalam delapan hari penayangannya.

Demam AADC2 juga merambah ke sektor lain seperti wisata napak tilas lokasi syutingnya. Sejumlah lokasi di Yogyakarta, seperti Pantai Parangkusumo, Sellie Kopi, Klinik Kopi, Rumah Doa Bukit Rhema, Padepokan Bagong Kussudiardja, Sate Klathak Pak Bari, juga Papermoon Puppet Theatre selalu ramai dikunjungi para penggemar kisah cinta dan persahabatan Cinta cs ini.

Sekuel film besutan Rudy Soedjarwo itu pun diburu hingga ke negeri tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. Di tangan Riri Riza dengan naskah yang ditulis Mira Lesmana dan Prima Rusdi, AADC 2 pun dinobatkan sebagai blockbuster Indonesia. 

Dikutip dari filmindonesia.or.id, jumlah penontonnya ditutup dengan 3.665.509 orang. Film ini jadi film dengan jumlah penonton terbanyak kedua selama 2016.

Halaman Selanjutnya
img_title