Jangan Hina TVRI

Helmy Yahya
Helmy Yahya
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Helmy Yahya resmi diangkat menjadi Direktur Utama TVRI untuk periode 2017-2022. Presenter kondang tersebut sedikit demi sedikit membenahi Lembaga Penyiaran Publik yang nyaris karam tersebut. Dengan anggaran yang sangat terbatas, pria ramah ini membuat sejumlah terobosan guna memperbaiki televisi ‘pelat merah’ ini. 

Kepada VIVAnews, Raja Kuis ini mengaku sempat mundur dari proses seleksi. Pasalnya, sejumlah rumah produksi besutannya sedang naik daun. Sementara, TVRI penuh dengan persoalan. Mulai dari buruknya laporan keuangan, manajemen hingga kualitas produksi dan siaran. Namun, akhirnya ia memilih untuk mengabdi di TVRI. “Call country,” ujarnya saat ditanya mengapa akhirnya mau memimpin TVRI.

Di tangannya, TVRI mampu menunjukkan taji. Laporan keuangan mereka mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) setelah bertahun-tahun mendapat status disclaimer oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Rating TVRI menurut Nielsen juga terus merangkak naik. Dan yang mengejutkan, televisi yang berdiri pada 1962 ini mendapatkan hak siar Liga Inggris

Demikian petikan wawancara ayah empat anak ini dengan VIVAnews. Wawancara dilakukan di ruang kerjanya di Gedung TVRI, Jakarta Pusat.

Apa yang membuat Anda tertarik mengurus lembaga yang sudah nyaris karam?

Mungkin country call akhirnya. Karena dari awal saya tidak pernah mau. Saya pernah mendapatkan tawaran untuk membenahi TVRI itu puluhan tahun yang lalu. 

Kenapa Anda tidak mau?