Selamatkan Bayi Indonesia, Jamin Masa Depan Bangsa

DR. Anna Alisjahbana
DR. Anna Alisjahbana
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA –  "Upaya menyelamatkan bayi Indonesia akan jamin masa depan bangsa”,  Prof (Em) DR. Anna Alisjahbana, dr. Sp.A, menyampaikan kalimat itu dengan tegas dalam Lokakarya Smiling Children Foundation’s WomenChangeMakers, yang diadakan di Jenewa, 17 – 19 Mei 2010.  

Saat itu Pia datang untuk memenuhi undangan sebagai pemenang penghargaan "WomenChangeMakers. Peristiwa itu kemudian terulang tahun 2019. Anna datang sebagai calon penerima Pia Alisjahbana Award, sebuah penghargaan untuk perempuan yang mendedikasikan diri pada isu tertentu, bekerja dalam diam, tapi hasil kerjanya sangat manfaat.

Dr. Alisjahbana memiliki komitmen tinggi terhadap keselamatan dan kesehatan anak, khususnya anak-anak yang menghadapi masalah perkembangan kesehatan, maupun kesehatan ibu hamil. 

Peran dan kontribusi aktif inilah yang mengantarkan Dr. Alisjahbana menjadi salah satu sosok WomenChangeMakers, penerima Ashoka Award, yaitu sebuah penghargaan yang diberikan melalui seleksi ketat kepada mereka yang dianggap berjasa besar dalam membawa perubahan nyata bagi kehidupan masyarakat.

Buah tangannya yang memudahkan ibu memantau perkembangan anak dengan cara yang lebih mudah diabaikan Depkes, tapi ia tetap bekerja. Hingga akhirnya satu demi satu penghargaan internasional ia dapatkan. Kepedulian Pia Alisjahbana membuatnya mendirikan Yayasan Surya Kanti untuk terus memantau bayi dan anak agar mereka mampu melampaui masa krisis usai dilahirkan. 

Tahun ini, Pia Alishahbana menyabet Achmad Bakri Award atas dedikasinya pada kesehatan anak dan ibu. Kepada VIVAnews, Anna menceritakan bagaimana ia akhirnya bergelut dengan dunia anak, termasuk perjuangannya mewujudkan anak Indonesia yang sehat dan ceria. Berikut petikannya:

Anda terpilih sebagai salah satu tokoh yang mendapatkan PAB 2019. Tanggapan Anda?
Ya, saya sebenarnya tidak terpikir sama sekali ya kalau saya bisa mendapatkan penghargaan ini, tentunya saya sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh Achmad Bakrie Award kepada saya ini.