Mantan Napi Korupsi Bisa Jadi Kepala Daerah

Ahmad Doli Kurnia
Ahmad Doli Kurnia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Komisi II adalah salah satu komisi strategis di DPR RI. Komisi ini memiliki lingkup tugas bidang dalam negeri, sekretariat negara, dan pemilihan umum.

Tahun ini, pilkada serentak akan dilaksanakan di 270 wilayah. Maka, mata publik mengarah tajam ke Komisi II. Menyaksikan bagaimana persiapan dan pengawasan dari Komisi II agar pilkada berjalan aman, damai, dan tanpa kasus korupsi.

Apalagi, bulan lalu publik sudah dikejutkan dengan kasus korupsi yang melibatkan mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Dampak kasus itu sangat mungkin menurunkan kepercayaan publik pada lembaga penyelenggara pemilu, dan bisa berdampak juga pada partisipasi publik. 

Hal itu disadari oleh Ketua Komisi II, Ahmad Doli Kurnia. Politikus Partai Golkar ini mengaku menyiapkan komisi yang ia pimpin dengan beberapa persiapan untuk mencegah terjadinya penyelewengan dalam pelaksanaan pilkada serentak 2020.

Dalam wawancara khusus dengan VIVAnews, Doli menceritakan apa saja yang sudah dilakukan oleh pihaknya untuk menyiapkan pelaksanaan dan melakukan pengawasan menjelang pilkada serentak.

Pria kelahiran Sumatera Utara, 48 tahun lalu itu adalah kader Partai Golkar yang setia. Doli mengawali kariernya di Partai Golkar melalui Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Sejak 2008, ia sudah menjabat sebagai ketua umum DPP KNPI. Jabatan terakhirnya di Partai Golkar adalah wakil sekjen DPP Golkar.