Kabel Dicuri, Telkom Rugi Ratusan Juta

Surabaya Post - Pencurian kabel telepon milik PT Telkom di wilayah Jawa Timur makin menjadi-jadi. Dua bulan terakhir ini pencurian terjadi sebanyak delapan kali.

Kejadian paling gres pada Jumat kemarin  di Jalan Adirasa, Perumahan Bumi Sumekar, Kecamatan Kota.

Kabel telepon panjang 60 meter di wilayah tersebut terputus dan hilang. Akibatnya jaringan telepon untuk 100 pelanggan mati.

”Kami sudah laporkan kasus pencurian kabel ini ke polres,” kata Penanggung Jawab Jaringan Akses Telkom Sumenep Area, Bambang Suryanto, Sabtu 6 Februari 2010.

Pencurian itu diketahui dari laporan warga yang teleponnya terputus. Ketika dicek ke lokasi, kabel telepon sudah terpotong-potong. Akibat pencurian itu, Telkom mengalami kerugian sekitar Rp 10 juta.

Menurut Bambang, kasus pencurian kabel telepon kali ini merupakan kedelapan kalinya selama 2010. ”Kabel telepon dicuri karena mengandung tembaga,” ujarnya.

”Kalau ditotal, selama dua bulan ini, dari 8 kasus pencurian kabel telepon, kerugian sudah mencapai Rp 50 juta,” ungkapnya.

Pada tahun 2009, ada 100 kasus pencurian kabel telepon. ”Hampir semua daerah pernah terjadi kasus pencurian. Tahun lalu, kami rugi antara Rp 250 juta hingga Rp 300 juta,” ujarnya.

Laporan: Ahmad Zahrir Ridlo

Kasus Korupsi Timah, Kejagung Periksa Pegawai Kementerian ESDM
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyoroti persoalan banjir di Jakarta. Padahal, Jakarta punya anggaran untuk mengatasi banjir.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024