Puluhan Warga Blitar Diserang Chikungunya

Surabaya Post - Diperkirakan sebanyak 20 warga di Dusun Delowo, Desa Tawangrejo, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar ditemukan menderita gejala demam tinggi yang disertai kelumpuhan badan.

Selama sepekan ini mereka hanya berbaring di tempat tidur. Diduga mereka terserang penyakit Chikungunya. Beberapa penderita sudah mulai membaik, namun sebagian lain masih parah dan bahkan tidak bisa beranjak dari tempat tidur. Untuk menggerakkan anggota badan saja terasa sulit.

Salah seorang di antara penderita itu, Dony (34). Dia merasakan di setiap persendian tulangnya merasa sakit disertai ngilu dan sulit untuk digerakkan. "Selain rasa nyeri di persendian, badan juga terasa demam tinggi dan pusing-pusing," kata Dony, Senin 22 Februari 2010.

Kepala Dusun Delowo, Jaenuri menuturkan, upaya mencegah mewabahnya penyakit ini sebenarnya sudah berkali-kali dilakukan dengan cara membersihkan tempat mandi cuci kakus (MCK). Kemudian desa juga sudah mengadakan pengasapkan (fogging). "Namun upaya pencegahan ini belum pernah mendapat dukungan dari pemerintah," ujarnya.

Dengan kejadian ini Jaenuri berharap, pemerintah daerah segera mengambil sikap guna melakukan pemberantasan penyakit ini, sehingga tidak menjalar ke mana-mana.

Laporan: Tri Iwan Widianto

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran
Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024