Ecoton Somasi Menteri PU Djoko Kirmanto

Menteri PU Djoko Kirmanto
Sumber :
  • galeryfoto.pu.go.id

SURABAYA POST - Ecological Observation and Wetlands Conservation atau Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (Ecoton) melayangkan surat somasi kepada Menteri PU (Pekerjaan Umum), Selasa, 13 Juli 2010. Djoko Kirmanto, dinilai lalai dalam upaya penyelamatan Kali Brantas dari kerusakan.

Direktur Eksekutif Ecoton, Prigi Arisandi, dalam press release-nya, menjelaskan, hal tersebut terkait kelalaian Menteri PU atas respon terhadap surat desakan Ecoton pada tahun 2009 untuk melakukan upaya moratorium penambangan pasir di Wilayah Brantas maka pihaknya menyampaikan somasi.

Dari hasil investigasi Ecoton ditemukan meningkatnya kerusakan tanggul, tebing sungai dan bantaran. Temuan baru hasil penelusuran Ecoton pada 5-11 Juli 2010, menunjukkan dalam sebulan kurang lebih Rp 15 miliar hasil eksploitasi pasir Brantas ilegal di wilayah Jombang.

”Dana ini umumnya dipotong  Rp 200 juta/bulan untuk dana keamanan kepada preman maupun oknum aparat keamanan dan Rp 100 juta/bulan untuk sumbangan pembangunan fisik di desa,” kata Prigi.

Ecoton menilai penambangan pasir secara ilegal ini terus terjadi karena adanya pembiaran oleh pemerintah. Untuk itu, Ecoton menuntut agar Menteri  PU segera melakukan tugas dan kewajiban dalam pengeloaan dan pengendalian kerusakan di Kali Brantas. ”Menteri PU harus segera melakukan lima tugas,” ujar Prigi.

”Kami memberikan batas waktu kepada Menteri PU untuk segera melaksanakan tuntutan kami. Batas waktu pelaksanaan tuntutan kami adalah 76 hari terhitung sejak surat ini diterima,” kata dia.

Jika tuntutan Ecoton tidak segera dilaksanakan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan, maka Ecoton akan melakukan upaya tuntutan hukum baik secara pidana dan atau perdata. ”Somasi ini kami layangkan, demi penyelamatan Kali Brantas,” kata dia.

Laporan: Siska Prestiwati

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024