Lebaran, Penerbangan Malang-Jakarta Sesak

Garuda Indonesia
Sumber :

SURABAYA POST – Tingkat keterisian penumpang (load factor) maskapai penerbangan rute Malang-Jakarta cukup tinggi, yakni 70–100 persen saat H-5 hingga H+9 Hari Raya Idul Fitri. Selain itu, maskapai penerbangan juga menambah jadwal penerbangan mereka.

Maskapai penerbangan Sriwijaya Air, misalnya, saat H-5 hingga H+9 tingkat load factor-nya mencapai 95-100 persen. Padahal sejak dua minggu terakhir ini jadwal penerbangan sudah ditambah dari 2 jadwal menjadi 3 jadwal.

’’Tiket penerbangan Malang-Jakarta bisa dikatakan sudah penuh hingga 100 persen saat Lebaran kali ini,” kata Districk Manajer Sriwijaya Air di Malang, M Yusri Hansya, saat dihubungi Surabaya Post, Kamis (19/8).

Dikatakannya, jadwal penerbangan reguler sebelumnya hanya dua kali penerbangan. Namun sejak 26 Juli 2010 sudah ditambah menjadi tiga kali penerbangan. Jadwal penerbangan Sriwijaya Air biasanya pukul 08.35 dan 14.55 untuk rute Malang-Jakarta dan pukul 06.45 dan 13.00 untuk rute Jakarta-Malang. Penerbangan tambahan dijadwalkan pukul 13.00 dari Malang dan pukul 11.15 dari Jakarta.

’’Tambahan jadwal penerbangan ini memang untuk antisipasi lonjakan penumpang saat Lebaran. Tapi setelah lebaran praktis pesawat tambahan ini menjadi jadwal penerbangan regular,” ujar Yusri.

Sementara itu untuk penerbangan dengan maskapai Garuda Indonesia, load factor saat H-7 hingga H+3 Lebaran mencapai 70–90 persen. ’’Untuk H-7 pemesanan tiket memang sudah mencapai 70 persen. Puncaknya kami prediksi saat H+3 Lebaran nanti,” kata General Manager PT Garuda Indonesia Cabang Malang, Dharmawan Y Hendrata.

Guna mengantisipasi puncak penerbangan, lanjut Dharmawan, rencananya Garuda menyiapkan pesawat berbadan besar. Ini jika permintaan tiket penumpang terjadi peningkatan. Garuda Indonesia saat ini sudah menyediakan pesawat Boeing 737 seri 300 yang berkapasitas 134 penumpang. Sedangkan untuk pesawat tambahan yang berbadan besar, rencananya jenis Boeing 737 seri 500, dengan kapasitas 149 penumpang.

’’Untuk tambahan penerbangan ini bila pemesanan tiket lebih dari 100 persen, saat ini kami memang masih belum bisa memastikan. Tunggu saja perkembangan pemesanan tiket,” tukas Dharmawan. Garuda Indonesia melayani dua kali penerbangan Malang-Jakarta, yakni berangkat pukul 09.00 dan 14.30.

 Zainul Arifin

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024
Wakil Ketua Umum DPP Nasdem Ahmad Ali.

Tak Lapor Surya Paloh, Waketum Nasdem Klaim Temui Prabowo Tanpa Wakili Partai

Waketum Nasdem menegaskan tidak ada pembicaraan politik dengan Prabowo.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024