April, Pil KB Pria Diproduksi Massal

ilustrasi pil kontrasepsi
Sumber :

SURABAYA POST - Pil KB untuk pria yang dirilis pada penghujung 2010 bakal diproduksi secara massal. Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memastikan produksi pil kontrasepsi ini akan menggandeng PT Indofarma.

Kasi Peningkatan Partisipasi Pria BKKBN Jawa Timur Sofyan, menyatakan pengadaan pil KB untuk pria yang berisi ekstrak Gandarusa ini rencananya akan dilakukan pada April mendatang. Tapi belum ada kejelasan jumlah pil yang akan diproduksi pada pengadaan pertama. “Mungkin April itu baru ada kejelasan berapa pil yang akan diadakan. Sekarang masih belum ada kabar,” kata Sofyan.

Pendistribusian pil KB untuk pria ini akan dilakukan BKKBN. Saat dirilis di kampus Universitas Airlangga (Unair) pertengahan Desember lalu, BKKBN sudah memastikan akan menjadikan Jakarta sebagai kawasan uji coba. Diharapkan uji coba di Jakarta ini mendapat respon positif dari berbagai pihak, terutama kaum pria yang akan mengkonsumsinya. Bila uji coba ini mendapat respon positif, BKKBN akan memperbanyak produksinya dan akan menyebarkan ke seluruh wilayah di Indonesia.

Sofyan belum bisa memastikan mulai kapan pil KB pria ini akan disebar di Jatim. Menurut dia, kepastian penyebaran ke Jatim juga menunggu hasil uji coba di Jakarta. “Kalau di Jatim setelah uji coba di Jakarta itu, bersamaan dengan daerah lainnya” tambahnya.

Dari hasil hipotesa sementara, konsumsi pil KB ini tidak memberikan efek samping. Alat kelamin pria masih tetap bisa memproduksi air sperma, baik saat ereksi atau karena mimpi basah.

Sebagaimana diungkapkan Bambang Prajogo Eko, peneliti dan dosen Departemen Farmakognisi dan Fitokimia Fakultas Farmasi Unair, di dalam sperma pria terdapat tiga macam enzim yang berfungsi untuk menembus sel telur. “Khasiat dari ekstrak Gandarusa adalah menghambat enzim tersebut sehingga sperma tidak dapat menembus sel telur,” ujarnya Senin.

Sofyan menambahkan, pil KB ini hanya membunuh jutaan sel sperma yang dihasilkan testis, sedangkan air maninya tidak terpengaruh. Para pria yang mengonsumsinya masih bisa mengeluarkan air mani. “Bedanya, air mani itu tidak bisa membuahi sel telur karena sel spermanya sudah mati,” terangnya.

Pada pil KB untuk wanita, sel telur bisa tumbuh kembali dalam rentang waktu antara 1 hingga 2 bulan setelah tidak mengonsumsi pil. Sofyan belum bisa memastikan sel sperma bisa tumbuh kembali dalam waktu 1 atau 2 bulan setelah kaum pria tidak mengkonsumsi pil KB berbahan ekstrak Gandarusa itu.

Menurutnya sampai sekarang pil KB yang baru di-launching itu masih dalam tahap peenyempurnaan. “Sekarang masih dalam uji klinis, belum diketahui jarak bisa menumbuhkan sel sperma lagi,” tandasnya.

Selama ini KB bagi kaum pria hanya dengan cara vasektomi dan kondom. Vasektomi adalah kontrasepsi bedah untuk pria dengan cara memutus saluran spermanya–bisa sementara dengan cara mengikat, bisa pula permanen.

Permintaan vasektomi di Jatim pada 2010 meningkat dibandingkan tahun 2009 lalu. Sampai akhir Desember lalu, permintaan vasektomi mencapai sekitar 3.400 orang atau lebih tinggi dari yang target sekitar 3.300 orang. Pada 2009 lalu, permintaan vasektomi hanya dari sekitar 3.200 orang saja. “Berarti permintaan vasektomi terealisasi 120 persen dari yang ditargetkan,” urainya.

Sedang penggunaan kondom sebagai alat kontrasepsi sulit dilacak. Meski setiap kecamatan selalu mengirimkan data penggunaan kondom pada pria yang terdaftar, tapi ini tidak bisa digunakan acuan. “Banyak kaum pria yang menggunakan kondom dengan membelinya di toko kecil,” katanya. (Laporan: Mohammad Zainuddin)

Gia Akhiri Kontrak dengan Jakarta Pertamina Enduro
Pelatih PSG, Luis Enrique bersama Kylian Mbappe

Pengakuan Pelatih PSG Usai Gagal ke Final Liga Champions

Pelatih Paris Saint Germain (PSG) Luis Enrique mengakui timnya kurang beruntung setelah disingkirkan Borussia Dortmund pada babak semifinal Liga Champions

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024