Hadang Wabah Ulat Bulu, Pohon 'Diimunisasi'

Ulat bulu yang pandai bersiul
Sumber :
  • Livescience.com

SURABAYA POST- Merebaknya serangan ulat bulu dari Probolinggo, yang diikuti Pasuruan dan Jombang diantisipasi Pemkot Surabaya.

Viral Inses Adik-Kakak, Bagaimana Hukum Nikah dengan Saudara Kandung? Ini Jawaban Ustaz Adi Hidayat

Pemkot tak mau kondisi yang mengerikan -- ribuan ulat bulu bergelantungan di pepohonan dan masuk ke rumah warga terjadi di kota metropolis.

Pemkot melakukan ‘imunisasi’ pohon-pohon dengan penyuntikan dan penyemprotan insektisida berupa fertilium dan obat organik. Kegiatan ini dilakukan mulai Jumat (8/4) pagi sejak pukul 06.00-09.00 tadi pagi.

Penyemprotan pohon ini, kata Kepala Dinas Petanian Pemkot, Syamsul Arifin, sebagai langkah pencegahan. Harapannya, agar semua pohon di Surabaya bebas dari serangan ulat bulu itu. “Sedia payung sebelum hujan,” katanya siang tadi.

Dalam kegiatan ini ada 6 titik lokasi yang jadi sasaran penyuntikan dan penyemprotan pohon, yakni di sekitar Bundaran Waru-Jl Ahmad Yani, Jl Mayjen Sungkono-Bundaran Satelit, Kendangsari-Rungkut SIER, dan kawasan Kedung Baruk.

Penyuntikan obat dilakukan masing-masing pohon 3 lubang dan lubangnya ditutup dengan semacam lilin. Setelah itu pohon disemprot dengan insektisida menggunakan unit mobil spray Dinas PMK Surabaya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pemkot, Hidayat Syah mengatakan, sebenarnya sampai sekarang belum ada laporan serangan ulat bulu yang masuk ke Surabaya.

Adapun pohon-pohon yang disuntik dan disemprot insektisida ini adalah jenis pohon Sono. Pohon ini memang banyak mengisi ruang taman-taman kota dengan juluran ranting dan daunnya yang rimbun.

Menurutnya, penyemprotan ini tidak menjangkau semua lokasi taman kota, karena jumlah taman kota cukup luas. Namun, penyemprotan ini diharapkan sudah mampu mengurangi kerusakan bila Surabaya benar-benar terserang ulat bulu. “Paling tidak penyemprotan ini sudah mencegah sebelum hama datang,” terangnya.
 
Purnomo Siswanto

Sandra Dewi dan Harvey Moeis.

Perjalanan Karier Harvey Moeis, Suami Sandra Dewi yang Jadi Tersangka Kasus Korupsi

Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menambahkan tersangka baru dalam kasus korupsi yang terkait dengan perdagangan komoditas timah. Suami Sandra Dewi Harvey Moeis tersangka

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024