Banser Pun Tonton Tanda Tanya "?"

foto ilustrasi industri film
Sumber :

VIVAnews - Pemutaran film Tanda Tanya "?" menyedot perhatian banyak orang. Tak hanya di Jakarta, film karya Hanung Bramantyo itu juga mendapat perhatian masyarakat di daerah-daerah Indonesia.

Di Surabaya misalnya. Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf memborong 200 tiket untuk menonton film berlatar perbedaan sisi kehidupan itu.

Pada Jum'at, 8 April 2011, pria yang akrab disapa Gus Ipul itu bersama sekitar 50 anggota Barisan Ansor Serba Guna (Banser) Jatim 'menggeruduk' Bioskop Surabaya Town Square 21, Surabaya. Tak ketinggalan, sejumlah pejabat di jajaran Pemerintah Provinsi Jatim juga turut serta menonton film yang sempat mengundang kontro versi tersebut.

Lantas, bagaimana kesan Gus Ipul setelah menonton film yang sempat dianggap mendiskreditkan Banser Nahdlatul Ulama itu? Gus Ipul ternyata punya pandangan sebaliknya. "Ini film kreatif yang menggambarkan kehidupan pluralisme beragama di Indonesia. Film ini bisa jadi inspirasi kebersamaan demi kemajuan bangsa," kata Gus Ipul usai nonton film.

Menurutnya, tayangan yang menceritakan toleransi kehidupan beragama itu layak diapresiasi dan perlu ditonton, terutama oleh generasi muda. "Filmnya bagus, ada rasa salingĀ  menghargai dan menghormati antar umat beragama. Kalau ada sedikit protes karena adegan kekerasan dari seorang Banser, itu muncul karena unsur sebab akibat. Tidak ada masalah, endingnya bagus dan cukup inspiratif," tuturnya.

Ia mengimbau semua pihak menyaksikan secara utuh alur cerita film tersebut, dan tidak menilai dengan sepotong-potong. "Saya ingin meluruskan, dalam film itu menjadi seorang Banser disebutkan sebagai pekerjaan yang menegakkan agama di jalan Allah, bukan pekerjaan duniawi. Karena memang Banser adalah pengabdian. Saya sangat menghargai mereka kalau ada yang tidak setuju dengan cerita film ini. Silakan buat saja karya lebih bagus sendiri," urainya.

Terkait itu, Ketua PW GP Ansor Jatim, Alfa Isnaeni menambahkan, pihaknya akan mengundang sang sutradara ke Jawa Timur dan bisa menjelaskan alur cerita garapannya di hadapan PC Ansor dan Banser se-Jatim.

Laporan: Tudji Martudji l Surabaya

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan
PM Israel Benyamin Netanyahu bersama Batalion khusus Netzah Yehuda

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Netzah Yehuda merupakan salah satu empat batalion yang membentuk brigade infanteri Kfir. Batalyon tersebut sebagian besar beroperasi di Tepi Barat yang dikirim berperang.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024