Petualangan Bocah Penakluk Gunung

Bocah penakluk gunung, Arya Cahya bersama sang ayah
Sumber :
  • Surabaya Post

SURABAYA POST - Dia memang masih bau kencur. Tapi, Arya Cahya Mulyana Sugiyanto (7) punya semangat baja untuk berpetualang menjelajah gunung-gunung tertinggi di Indonesia. Setelah menaklukkan puncak Gunung Mahameru, Arya kini menyisir hutan belantara untuk mencapai Gunung Ceremai, Jawa Barat, bersama Tim Ekspedisi Merdeka 2011.

“Segalanya berjalan baik karena memang persiapan kami matang, mulai fisik, mental dan akomodasi. Persiapan lain adalah menyediakan perlengkapan pendakian seperti baju tebal anti hujan dan angin, serta sepatu gunung. Doakan saja semoga tidak ada halangan berarti dalam pendakian Gunung Ceramai ini,” kata Agus, ayah Arya di hari pertama memulai ekspedisi menjelajah gunung-gunung tertinggi di Indonesia itu.

Bagi Arya, mendaki gunung setinggi 3.000 meter dari permukaan laut --ketinggian Gunung Ceremai mencapai 3.078 m-- bukan pertama kalinya. Setahun lalu, Arya bersama timnya juga berhasil menapakkan kakinya di puncak Gunung Semeru.  “Aku senang kalau bisa mencapai puncak, aku tidak takut," kata Arya.

Bahkan untuk tahun ini, menurut Agus, agenda petulangan Arya bersama Tim Ekspedisi Merdeka 2011 menjelajak 10 gunung tertinggi di Bumi Pertiwi ini. Sepuluh gunung itu adalah Gunung Ceremai Jawa Barat (3.078 m); Gunung Slamet, Jawa Tengah (3.432 m); Gunung Sumbing, Jawa Tengah (3.340 m); dan Gunung Sindoro, Jawa Tengah (3.155).

Selanjutnya: Gunung Lawu, Jawa Timur ( 3.265 m); Gunung Agung, Bali (3.124 m); Gunung Welirang, Jawa Timur (3.156 m); Gunung Rinjani, NTB (3.726 m); dan Gunung Arjuno, Jawa Timur (3.339 m). Sebagai penutup, Arya yang ditemani sang ayah akan kembali menjelajah Semeru lagi yang ketinggian 3.676 m.

“Agendanya, tepat malam 17 Agustus 2011, kami sudah berada di pucak Semeru sekaligus memperingati HUT Proklamasi RI,” terang Agus.

Sebelum berangkat, Arya bersama orangtuanya dan anggota Tim Ekspedisi Merdeka 2011 sempat berpamitan dengan Bupati Khalilurrahman di Pendapa Ronggo Sukowati Pamekasan, Minggu kemarin.

Lebih lanjut, Agus yang tinggal di Desa Bunder Kecamatam Pademawu ini menuturkan, anaknya ingin mendaki gunung bersalju setelah tuntas menaklukkan 10 puncak gunung ini. Sebagai orangtua, Agus merasa berkewajiban bisa mewujudkan obsesi sang anak. “Soal puncak gunung mana yang bersalju, akan dipikirkan nanti."

Laporan: Masdawi Dahlan

Viral Pelamar Kerja Wanita Dilecehkan saat Wawancara
Ilustrasi Vape

Mengerikan, Ini 9 Bahaya Vape Liquid Ganja yang Perlu Diketahui

Polres Metro Jakarta Selatan mengungkapkan bahwa saat diinterogasi, Chika mengakui menggunakan vape yang berisi cairan ganja bersama teman-temannya secara bergiliran itu

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024