Wahana Permainan Anak Lengkapi Pantai Sorake Kabupaten Nias Selatan

Kepala Desa Botohili Pilipis Jagote
Sumber :
  • Kemendesa

Pemanfaatan Dana Desa untuk mendukung pengembangan pariwisata terus didorong Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Seperti di Desa Botohili Sorake, Kecamatan Lagundri, Kabupaten Nias Selatan yang menggunakan Dana Desa untuk wahana bermain anak di sekitar Pantai Sorake. Keberadaan wahana bermain ini diharapkan mampu mendongkrak pengunjung ke Pantai Sorake.

Resolusi 2023, Gus Halim: Harus Lebih Fokus, Detail dan Terintegrasi Antar Unit Kerja

Kepala Desa Botohili Pilipis Jagote mengisahkan, berdasarkan hasil musyawarah desa pada September 2017 di mana masyarakat mengharapkan Pantai Sorake lebih banyak lagi pengunjungnya, juga melihat ruang publik di area pantai belum ada, maka diputuskanlah penyediaan ruang publik itu berupa wahana bermain anak dekat pantai, dengan menggunakan anggaran Dana Desa.

”Dana Desa diarahkan untuk mendukung pariwisata. Salah satunya, menyediakan ruang publik di pinggir pantai. Kita saat ini sedang persiapan pembangunan wahana permainan anak-anak dari anggaran Dana Desa 2019. Dengan adanya wahana bermain ini, diharapkan pengunjung ke Pantai Sorake meningkat, sehingga perputaran ekonomi bisa berlangsung,” terangnya saat meninjau pembangunan wahana bermain anak di sela acara Sail Nias pada Sabtu (14/9).

Kemendes PDTT Songsong 2023 dengan Penuh Optimisme dan Lebih Produktif

Ia mengisahkan, sebelum gempa, air laut sampai bibir pantai. Sementara setelah gempa, air laut sudah tidak sampai bibir pantai, sehingga menimbulkan bau tidak sedap dan muncul sarang nyamuk. Selain itu, juga menimbulkan karang berlumut karena air laut jarang. "Dengan hadirnya pembangunan di pantai, mulai ada perubahan, pengunjung sudah bervariasi. Setelah ada pembangunan, jadi ada saung-saung toko untuk jualan," terangnya.

Wahana bermain anak ini nantinya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sorake. BUMDes Sorake sendiri sudah berjalan satu tahun, di mana pada tahun 2018, penyertaan modal BUMDes sebesar Rp45 juta diperuntukkan untuk mempersiapkan desain besar rencana usaha yang dikelola BUMDes. "Nanti untuk wahana bermain, BUMDes bisa melengkapi dengan beli mobil-mobilan anak untuk bermain, yang penting BUMDes-nya bisa bergerak dulu. Jadi mereka bisa bawa anak-anak mereka," jelasnya.

Kemendes PDTT Raih Peringkat Empat Terbaik Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik 2022
Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar

Gagas Jabatan Kades 9 Tahun, Gus Halim Bersyukur Dapat Dukungan Luas

Menurut Gus Halim, mengubah masa jabatan Kades bukanlah perkara sulit. Sebab, penambahan masa jabatan menjadi 9 tahun tidak mempengaruhi masa jabatan secara keseluruhan.

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2023