Bangka Belitung Gaungkan Diversifikasi Pangan

Gerakan Makan Sayuran, Buah, Umbi-umbian, Kacang-kacangan, dan Ayam Merawang
Sumber :

VIVA – Upaya peningkatan diversifikasi konsumsi pangan masyarakat terus digalakkan pemerintah. Kali ini dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung digaungkan Gerakan Makan Sayuran, Buah, Umbi-umbian, Kacang-kacangan, dan Ayam Merawang atau yang disingkat GEMA SABUK AMANG.

Jagung Pemberian Kementan Buat Peternak Dikritik karena Ini

Launching gerakan resmi dituangkan dalam Peraturan Gubernur Bangka Belitung No 30 Tahun 2018, disambut antusias aparat daerah dan masyarakat.

Dalam sambutannya, Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, mengimbau kepada para pimpinan kabupaten/kota se-Bangka Belitung agar menindaklanjuti gerakan ini secara masif di daerahnya masing-masing.

Polemik Data Jagung Surplus Saat Harga Mahal, Ini Dia Masalahnya

"Saya berharap gerakan ini tidak hanya di provinsi saja, tetapi semua kabupaten kota juga harus menindaklanjuti dengan kebijakan di daerah masing-masing, agar tersosialisasikan kepada masyarakat luas," ujar Erzaldi Rosman, di Kab. Bangka Tengah, Kamis 9 Agustus 2018.

Acara ini dimeriahkan dengan Gelar Pangan Daerah dan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (LCM B2SA) tingkat provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Petani Porang di Jawa Timur Girang Disubsidi Pupuk

Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Tri Agustin Satriani, mewakili Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian dalam sambutannya mengimbau, agar gerakan dan lomba cipta menu tidak sekedar seremonial belaka.

"Yang terpenting ibu-ibu dapat mengaplikasikan menu yang beragam, bergizi seimbang dan aman ini dalam menu makan sehari-hari di rumah, bukan hanya semangat pada saat lomba saja," tambah Tri.

Lomba cipta menu B2SA tingkat provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini dimenangkan oleh tim dari Kabupaten Bangka Tengah. Kabupaten tersebut nantinya akan diikutkan dalam lomba cipta menu tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada saat peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) bulan Oktober tahun 2018 di Kalimantan Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya