Kepala BKP Kementan Kenalkan Produk Pangan ke Denmark

Kepala BKP Agung Hendriadi (nomor 3 dari kiri) didepan Kantor Kedubes Denmark.
Sumber :

VIVA – Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi menghadiri undangan Duta Besar RI untuk Denmark, Muhammad Ibnu Said di kantor Dubes RI di Copenhagen - Denmark, Kamis (30/8).

Mengawali pertemuan, Agung yang hadir sebagai peserta World Food Summit (WFS) pada 29-31 Agustus menyampaikan, acara WFS dihadiri lebih 50 negara. Pembahasan sudah melangkah jauh kedepan ke arah food industry dan food healthy.

Di Denmark 90% bahan pangan sudah diolah, food processing-nya sudah maju. Indonesia secara bersamaan juga mengembangkan food industry dan healthy, sekaligus meningkatkan produksi pangan
agar target Indonesia menjadi World Food Basket / Lumbung Pangan Dunia di tahun 2045 dapat terwujud.

Target Indonesia tahun depan swasembada gula konsumsi, 2020 fokus pada bawang putih dan kedelai, 2024 gula industri, 2026 daging sapi, dengan begitu kita yakin mampu feed the world," tambah Agung

"Saya yakin jika kita mampu menghasilkan pangan organik yang beragam, peluang pasar di Denmark semakin lebar," tambah Agung.

Ibnu Said menyampaikan bahwa isu pangan merupakan isu internasional dan harus dicapai dengan mengacu Sustainable Development Goals. "Apapun program saat ini harus selaras dengan SDG's dan dilakukan secara partnership," ujar Ibnu Said.

Untuk itu, menurut Ibnu Said, apapun yang dihasilkan bangsa dalam memproduksi pangan, harus berkembang dari food production menuju food manufacture, sehingga meningkatkan nilai tambah.

Di Denmark pendapatan domestik sebagian besar dihasilkan dari service, hanya 1% dari sektor pangan dan fokus pada diary product dengan konsep pertanian organik. Untuk memperkenalkan produk pangan Indonesia ke Denmark, Dubes RI meminta agar produk-produk pangan yang sudah dihasilkan dapat di display di Denmark.

Merespon permintaan tersebut, Agung berjanji untuk memenuhinya. "Saya kira ini bagus, nanti akan segera kami kirim produk pertanian dari Indonesia. Dan tentunya ini juga bisa membuka peluang pasar bagi produk pangan kita," ujar Agung.

Bahkan Agung berharap, pertemuan dengan dubes Denmark, bisa sebagai batu loncatan untuk mengenalkan pangan Indonesia ke Denmark, dan sekaligus meningkatkan peluang kerjasama pangan kedepan.

Harga Pangan Naik Gegara Perang Israel Vs Iran?
Harga telur naik di Semarang, Jawa Tengah.

Daftar Harga Pangan 19 April 2024: Bawang hingga Telur Naik

Harga komoditas pangan beberapa terpantau rata-rata mengalami kenaikan di seluruh Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024