Klarifikasi soal Isu Tes Swab, LAN Sampaikan Apresiasi ke BIN

Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si.
Sumber :

VIVA – Terkait maraknya pemberitaan mengenai dugaan perbedaan hasil uji usap (swab test) terhadap Pegawai Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang dilakukan oleh Badan Intelejen Negara (BIN), Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si menyampaikan klarifikasi terhadap isu tersebut.

COVID-19 Melonjak, Siap-siap Swab Massal Bakal Ada di Dukuh Atas

Mengutip hasil keterangan pers yang diterima VIVA (28/9), ada 3 hal yang disampaikan Adi untuk mengklarifikasi isu tersebut.

"Pertama, LAN menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada BIN yang telah menyelenggarakan tes usap (swab test) kepada pegawai LAN pada hari Selasa, tanggal 21 Juli 2020. Kegiatan tes swab tersebut merupakan inisiatif LAN karena keterbatasan anggaran saat itu dan kebutuhan LAN untuk memastikan status kesehatan bagi Pegawainya. Hal ini sebagai respon cepat LAN pasca meninggalnya seorang Pegawai karena Covid-19.

Tingkatkan Kapasitas SDM ASN, LAN RI Gandeng Pijar Foundation

Kedua, Kepala LAN sama sekali tidak pernah menyampaikan penilaian atau opini terkait perbedaan hasil swab test. Karena hal tersebut jelas bukan merupakan ranah kewenangan dan kompetensi LAN.

Ketiga, LAN memandang positif kiprah BIN ikut berperan dalam pencegahan dan penanggulan Covid-19 di Indonesia,” terang Adi dalam keterangan pers yang diterima tim VIVA.

393 Calon Jemaah Haji Kloter Pertama Kota Tangerang Lakukan Swab Test
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan dalam ajang LAN Award Makarti Bhakti Nagari 2022 dari Plt Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Mahfud MD di Jakarta, Selasa, 9 Agustus 2022.

Pemprov Jatim Borong Penghargaan di Ajang LAN RI Award 2022

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memborong penghargaan dari LAN dalam ajang LAN Award Makarti Bhakti Nagari 2022 yang diserahkan oleh Mahfud MD.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2022