LAN Jalin Sinergi Strategis Dengan Dua Instansi Pemerintahan

Kepala LAN Adi Suryanto
Sumber :

VIVA – Pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) harus dilaksanakan secara terintegrasi, serta sesuai antara kebutuhan pegawai dan kebutuhan organisasi.

Ratusan Ribu Ribu PNS Sudah Ikuti Uji Kompetensi dari BKN untuk Siap Pindah ke IKN

Menindaklanjuti amanah penyelenggaraan sistem pembelajaran terintegrasi ( Corporate University /CorpU) yang diatur dalam Peraturan Pemerintah tentang Manajemen PNS, maka Lembaga Administrasi Negara (LAN), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) bergerak cepat, bersinergi bersama mewujudkan CorpU dengan lokasi percontohan ( pilot project ) fokus pada ASN di lingkungan Pemprov  Jabar.

Untuk mewujudkan tujuan stratejik tersebut, ditandatangani Nota Kesepahaman antara Menpan RB, Kepala LAN dan Gubernur Jabar mengenai Pengembangan Kompetensi ASN Pemprov Jabar melalui CorpU (Selasa 3/11). Nota Kesepahaman ini merupakan bentuk komitmen nyata untuk segera mewujudkan dan menyelenggarakan CorpU, yang dimulai dari Jabar sebagai pemantiknya.

Manfaatkan Suasana Ramadhan, Kemenag Mengadakan Uji Kompetensi Guru Pendidikan Al-Qur'an

Acara penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilaksanakan secara virtual yang dihadiri langsung oleh Tjahjo Kumolo (MenpanRB), Adi Suryanto (Kepala LAN), dan Ridwan Kamil (Gubernur Provinsi Jabar). Selain itu, hadir pula Bima Haria Wibisana (Kepala Badan Kepegawaian Negara) dan M. Taufik (Plt. Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia).

Acara ini dilakukan melalui media zoom cloud meeting dan disiarkan secara langsung melalui channel youtube Pemprov Jabar. Dalam sambutannya, Kepala LAN menyambut positif penyusunan Nota Kesepahaman ini dan memberikan apresiasi atas sinergi yang dilakukan dalam rangka mengembangkan CorpU sebagai upaya transformasi pengembangan kompetensi untuk mewujudkan ASN unggul di lingkungan Pemprov Jabar.

Program Kartu Prakerja Awal 2024 Dijatah Kuota 1,14 Juta Peserta, Begini Syarat Daftarnya

“Pendekatan CorpU merupakan inovasi dalam upaya pengembangan kompetensi ASN. Melalui CorpU, strategi pengembangan organisasi dan pencapaian tujuan organisasi diselaraskan dengan pengembangan kompetensi pegawai’ tambah Adi Suryanto. CorpU juga merupakan upaya perubahan cara pandang ( mindset ), dimana ASN sekarang menjadi aset dan merubah fokus pelatihan tidak lagi kepada pelatihan manajerial semata, tetapi juga pelatihan teknis yang selaras dengan rencana pengembangan kompetensi pegawai dan kebutuhan organisasi.

Sedangkan, Gubernur Provinsi Jabar, Ridwan Kamil menyampaikan bahwa hari ini menjadi momentum bersejarah, karena terjalin kesepakatan bersama untuk mengubah pengelolaan SDM agar mampu beradaptasi secara cepat mengatasi perubahan. Ridwan Kamil menambahkan, pandemi Covid memberikan pembelajaran berharga bagi kita, karena melahirkan budaya baru dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Gubernur Jabar menyatakan “Ke depan, diharapkan perubahan yang dilakukan lebih dikarenakan semangat untuk belajar, bukan karena tuntutan keadaan yang tidak menyenangkan. Pada masa depan, ASN yang kerjanya rutin akan diganti dengan Artificial Intelligence dan Internet of Things ”. Pada bagian akhir sambutannya, Ridwan Kamil mengapresiasi dijadikannnya Jabar sebagai lokasi percontohan CorpU, yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan semangat berkompetisi ASN Jabar.

Pada bagian akhir acara, dalam sambutannya Menpan RB, Tjahjo Kumolo menegaskan kebanggaannya atas tercapainya kesepakatan bersama hari ini. “CorpU selaras dengan semangat Presiden dan Wakil Presiden yang menjadikan salah satu fokus pemerintahan saat ini adalah penyiapan ASN unggul yang terampil dan menguasai Iptek serta mampu melaksanakan tugas-tugas strategis pembangunan” tambah Tjajho Kumolo.

Menpan RB menambahkan melalui CorpU ini akan dilakukan kerja-kerja kolaboratif dan sinergik untuk mewujudkan ASN profesional sebagai pelayan masyarakat. "Penerapan CorpU ini sangat penting yang diawali dari Jabar, yang didukung oleh Kemenpan RB dan LAN" tambah Tjahjo Kumolo.

Acara ini terasa begitu penting, dengan kehadiran pejabat pimpinan tinggi madya dari Para Pihak, yaitu Reni Suzana (Sekretaris Utama LAN), Muhammad Taufiq (Deputi Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN LAN), Teguh Widjinarko (Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur KemenpanRB) dan Setiawan Wangsaatmaja (Sekretaris Daerah Pemprov Jabar). Selain itu, dalam pelaksanaan acara ini dihadiri juga oleh pejabat dari instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Kepala Biro Hukum dan Humas LAN, Tri Atmojo Sejati menambahkan bahwa CorpU sangat terkait erat dengan fungsi LAN sebagai Instansi Pembina Pelatihan ASN yang bertanggung jawab terkait penyelenggaraan pengembangan kompetensi ASN melalui jalur pelatihan.

“LAN, KemenpanRB dan Pemprov Jabar sepakat untuk menjadikan Jabar sebagai lokasi percontohan ( piloting ) pelaksanaan CorpU” ujar Tri Atmojo.

Selain itu, Tri Atmojo menambahkan bahwa Nota Kesepahaman ini berlaku selama 5 (lima) tahun sejak ditandatangani dan berdasarkan Nota Kesepahaman ini, maka pihak KemenpanRB akan menyusun kebijakan Corpu, sedangkan LAN akan menyiapkan pedoman dan standar penyelenggaraan CorpU. “Dimulai dari Jabar sebagai pemantik, ke depan diharapkan CorpU dapat dilaksanakan oleh seluruh Instansi Pemerintah, baik pusat maupun daerah” tutup Tri Atmojo (humas LAN).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya