Ini Daftar Lembaga Pelatihan yang Terakreditasi oleh LAN

Kepala LAN Dr. Adi Suryanto.
Kepala LAN Dr. Adi Suryanto.
Sumber :

VIVA – Lembaga Administrasi Negara (LAN) pada tahun 2021, kembali melakukan akreditasi tahap I terhadap 24 Lembaga Pelatihan.

Kegiatan akreditasi tersebut meliputi 11 Akreditasi Lembaga Penyelenggara Pelatihan, yang terdiri dari 4 lembaga pelatihan yang mendapat bintang 2 dan 7 lembaga pelatihan mendapat bintang 1. Akreditasi program yang terdiri dari 2 program PKN II, 16 program PKP, 16 program PKA, dan 14 program Latsar CPNS. Selain itu, ada juga 2 akreditasi lembaga pengakreditasi program. 

Akreditasi Ini merupakan bentuk kolaborasi dari berbagai elemen tidak hanya lembaga pelatihan dengan LAN tetapi juga dengan stakeholders lainnya. 

Dalam sambutannya pada acara "Penyerahan Sertifikat Akreditasi Lembaga Pelatihan Tahun 2021”, di Ballroom Hotel Ayana Midplaza, Selasa (14/9), Kepala LAN Dr. Adi Suryanto menyampaikan bahwa Lembaga Pelatihan dituntut tidak hanya mampu menyelenggarakan pelatihan yang sama, tetapi juga mampu melakukan terobosan pelatihan-pelatihan baru yang lebih inovatif guna mendukung pemenuhan gap kompetensi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Saya mendorong setiap lembaga pelatihan terutama yang telah terakreditasi untuk meng- create pelatihan-pelatihan baru. Untuk itu, ke depan salah satu indikator penilaian dalam akreditasi akan dimasukkan unsur kreatifitas dan inovasi dari lembaga pelatihan untuk membuat pelatihan baru, terutama terkait kompetensi teknis” tambahnya.

Adi Suryanto berharap dengan akreditasi ini dapat membangun kepercayaan stakeholders untuk mengembangkan kompetensi pegawai di lembaga-lembaga pelatihan.

Selain itu, akreditasi yang diberikan kepada Lembaga Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk pengakuan dari LAN atas terpenuhinya standar yang seharusnya dimiliki oleh Lembaga Pelatihan ASN.