LAN Bersama 4 Kabupaten di Wilayah 3T Launching 261 Inovasi

LAN Launching 261 Inovasi.
Sumber :

VIVA – Saat ini baik Indonesia maupun dunia sedang dihadapkan dengan situasi yang tidak pasti dan kompleks atau biasa disebut sebagai VUCA (Volatility, Uncertainly, Complexity, Ambiguity).

Kemendagri Terima Penghargaan, Mendagri: Terima Kasih atas Kerja Keras dan Kekompakannya

Dengan kondisi ini, Pemerintah mendapat tuntutan lebih besar lagi untuk berinovasi, sehingga dapat memberikan sistem pelayanan publik yang agile kepada masyarakat.

Berbagai upaya akselerasi inovasi telah diupayakan oleh pemerintah sebagai wujud menghadirkan negara untuk melayani masyarakat di seluruh pelosok tanah air.

Mahyu Darma Paparkan AKSI DPD RI untuk Bangun Kepercayaan Masyarakat ke DPD RI

Terkait itu, Lembaga Administrasi Negara (LAN)  menyelenggarakan Program Prioritas Nasional Laboratorium Inovasi (Labinov) 2021 yang memprioritaskan daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) dalam rangka meningkatkan daya saing daerah sebagai bentuk terjemahan Nawacita Presiden Jokowi yaitu membangun Indonesia dari Pinggiran.

Total sejumlah 261 ide inovasi telah dilahirkan dari kegiatan Labinov yang diselenggarakan di 4 lokus: Kabupaten Kepulauan Tanimbar Maluku, Kabupaten Lombok Utara NTB, Kabupaten Tojo Una-Una Sulawesi Tengah dan Kabupaten Sorong Papua Barat.

LAN Sebut Optimalisasi ASN Muda Jadi Kunci Pembangunan Bangsa

Lahirnya 261 ide inovasi ini merupakan bentuk kolaborasi antara LAN dan Pemerintah Daerah sebagai upaya mengakselerasi inovasi untuk mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi dalam proses penyelenggaran pemerintahan.

Rangkaian kegiatan Labinov di 4 lokus telah dimulai sejak bulan Maret hingga November 2021 dengan sejumlah kegiatan yang diselenggarakan, baik secara klasikal dan virtual.

Sebelumnya, pada pembukaan kegiatan Labinov di Kabupaten Lombok Utara yang dilaksanakan pada bulan April 2021,  Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si. hadir memberikan sambutan yang juga dihadiri secara langsung oleh  Bupati Lombok Utara, Djohan Sjamsu, SH dan segenap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Kabupaten Lombok Utara.

Dalam sambutannya, Kepala LAN menekankan pentingnya menghasilkan inovasi tata kelola pemerintahan, inovasi pelayanan publik, serta pemberdayaan masyarakat secara _co-creation. Cara kerja co-creation membuahkan inovasi melalui semangat kebersamaan dari berbagai pihak, baik secara internal pemerintah daerah maupun dengan pihak eksternal. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Deputi Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN, Dr. Tri Widodo W. U., MA, pada kegiatan Launching 71 Inovasi Kabupaten Lombok Utara yang diselenggarakan pada bulan Oktober 2021 bahwa saat ini Pemerintah harus dapat melakukan mobilisasi dan orkestrasi dengan menggandeng pihak termasuk masyarakat dalam memecahkan permasalahan, sebagaimana telah digagas oleh Dinas Pekerjaan Umum yaitu Inovasi Beriuk Merikek Jalan (Perbaikan Jalan dan Jembatan berbasis Peran Serta Masyarakat) yang melibatkan peran serta masyarakat dalam upaya perbaikan jalan dan jembatan.

Sementara itu, Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen Aparatur Sipil Negara LAN, Dr. Agus Sudrajat, S.Sos., M.A. dalam kegiatan Launching 55 Ide Inovasi Kabupaten Tojo Una-Una pada pertengahan Oktober 2021 menerangkan bahwa kegiatan launching inovasi ini bukanlah akhir dari kegiatan inovasi, ini merupakan pertengahan dari perjalanan inovasi kita, yang artinya kita akan senantiasa mengembangkan inovasi kita untuk meningkatkan pelayanan demi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Tojo Una-Una,  Mohammad Lahay, SE, MM juga mengapresiasi setinggi tingginya kepada para inovator OPD dan Tim dari LAN atas kolaborasi yang dibangun.

Lebih lanjut, Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM, dalam kegiatan Launching 41 Ide Inovasi di Kabupaten Sorong pada hari kamis (4/11) menekankan bahwa dengan di-launching-nya beberapa inovasi ke depan harus terus dikawal hingga dalam implementasinya.

Peran kepala daerah dan para pimpinan unit menjadi sangat penting dalam menjaga tetap berjalannya implementasi inovasi pemerintahan. 

Pada kesempatan yang sama Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru, SH., M.Si.  dalam sambutannya menyampaikan harapannya kepada para pegawai serta organisasi pemerintahannya wajib menyesuaikan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

Maka dengan terus berinovasi diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut.

Pada kegiatan Launching 94 Ide Inovasi di Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada hari Jumat (5/11), Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara LAN, Dra. Isti Heriani, MBA menjelaskan bahwa kegiatan Lab inovasi ini merupakan langkah percepatan pembangunan di kawasan Indonesia bagian Timur sebagaimana amanat Presiden Jokowi bahwa ketertinggalan di kawasan indonesia timur seperti Papua, Maluku dan Nusa Tenggara Timur harus menjadi salah satu fokus pemerintah dalam rangka pemerataan pembangunan Indonesia.

Kegiatan Labinov di Kabupaten Kepulauan Tanimbar ini mendapatkan dukungan penuh dari Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon, SH., MH.

Ia menyampaikan apresiasinya kepada LAN atas pendampingannya melalui Labinov, sehingga mampu menghasilkan 94 ide inovasi.

Harapannya ide inovasi tersebut dapat diimplementasikan dengan baik sehingga dapat meningkatkan tata kelola pemerintahan yang ujungnya berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Pada rangkaian kegiatan Launching inovasi di kabupaten Kepulauan Tanimbar,  Kepala Biro Hukum dan Humas LAN, Tri Atmojo Sejati, SH,ST, MH menjelaskan dari sisi regulasi tentang perlunya legalitas atas inovasi daerah yang telah dihasilkan.

Diupayakan agar setelah kegiatan Launching inovasi ini Pemerintah Daerah segera membuat payung hukumnya, yaitu Keputusan Kepala Daerah, Peraturan Daerah (Perda) maupun Peraturan Kepala Daerah (Perkada).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya