SDM Unggul, LAN Gelar Forum Publikasi dan Akreditasi Pelatihan

Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si.
Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si.
Sumber :

VIVA – Lembaga Administrasi Negara (LAN) terus berupaya meningkatkan mutu Aparatur Sipil Negara (ASN) agar dapat menciptakan SDM unggul khususnya dalam menghadapi era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity).

Salah satu upaya yang dilakukan adalah penggunaan tools untuk menjamin peningkatan kapasitas SDM melalui Akreditasi Pelatihan.

Hal ini diungkapkan Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si saat memberikan sambutan pada acara Publikasi dan Berbagi Bintang Penguatan Tata Kelola Lembaga Pelatihan, di Aula Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA, LAN Veteran, Senin (13/12).

Adi Suryanto menjelaskan, akreditasi lembaga pelatihan merupakan sebuah bentuk penjaminan mutu pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga penyelenggara pelatihan.

Oleh karena itu, LAN telah merumuskan kebijakan yang tertuang dalam Peraturan LAN Nomor 13 Tahun 2020 tentang Akreditasi Pelatihan dan Keputusan Kepala LAN No.1874 tentang Pedoman Pelaksanaan Akreditasi Pelatihan yang Menjadi Kewenangan LAN.

“Kebijakan ini merupakan respon terhadap berbagai dinamika dan perubahan dalam penyelenggaraan pengembangan kompetensi ASN, yang diharapkan ke depannya mampu mendorong peningkatan kualitas penyelenggaraan pelatihan mulai dari perencanaan, SDM pelatihan, sarana dan prasarana serta sarana digital,” ujarnya.

Lebih lanjut, Adi Suryanto menjelaskan, tantangan Lembaga Penyelenggara Pelatihan dalam meningkatkan kualitas SDM Aparatur, tidaklah mudah. Mereka dituntut untuk menciptakan kader-kader ASN baru yang unggul dan berkualitas bahkan di masa krisis pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.