Lima Calon Pimpinan KPK Usulan Forum Rektor

Guru Besar Hukum Internasional pada Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana (kiri).
Sumber :
  • www.cdi.anu.edu.au

VIVAnews - Forum Rektor Indonesia telah memilih lima nama untuk ikut dalam seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Forum Rektor menilai, kelima calon itu memiliki kelebihan dan kepribadian yang jujur.

Lima nama itu adalah Prof Dr Mahfud MD (saat ini menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi), Prof Dr Jimly Asshiddiqie (anggota Dewan Pertimbangan Presiden), Prof Dr Hikmahanto Juwana (Guru Besar Hukum Universitas Indonesia), Prof Dr Saldi Isra (Guru Besar Hukum Universitas Andalas), dan Busyro Muqoddas, MHum (Ketua Komisi Yudisial).

"Mereka memiliki kelebihan dan kombinasi antara tingkat pengetahuan dan pemahaman dengan karakter kepribadian yang jujur dan punya prinsip keberanian," kata Ketua Dewan Pertimbangan Forum Rektor, Edy Suandi Hamid dalam keterangannya, Kamis 10 Juni 2010.

Menurut Forum Rektor, pimpinan KPK seharusnya tidak hanya memiliki kemampuan memahami hukum, terutama korupsi. Pimpinan KPK, harusnya memiliki karakter yang kuat dalam penegakan hukum di Indonesia.

"Mereka harus memiliki prinsip dan keberanian dalam memberantas korupsi," ujarnya.(np)

Kapan Nama DKI Jakarta Berganti DKJ Resmi Digunakan?
Sofyan Dado

Keluarga Ungkap Penyebab Meninggalnya Sopyan Dado, Punya Riwayat Diabetes Hingga Sakit Jantung

Sopyan Dado meninggal dunia pada hari ini, Kamis, 28 Maret 2024. Sang aktor meninggal dunia di salah satu rumah sakit yang berada di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024