Data Pajak yang Ditangani Gayus Diperiksa

Gayus Tambunan Diciduk Satgas
Sumber :

VIVAnews - Kementerian Keuangan mulai pekan ini memeriksa data-data wajib pajak yang bersangkutan dengan kasus Gayus H Tambunan. Pemeriksaan dilakukan untuk seluruh berkas dokumen pajak.
 
Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan Hekinus Manao mengatakan bahwa tim dari Inspektorat Jenderal sudah diterjunkan sejak Jumat pekan lalu.

"Aktifnya minggu ini, dengan jumlah sekitar 20 orang," kata Hekinus di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin 5 Juli 2010. Mereka adalah tim biasa yang memeriksa petugas pajak, namun kali ini ditugaskan ekstra.

Menurut Hekinus tim baru melihat dan mencari seluruh dokumen wajib pajak yang dulu pernah ditangani Gayus. Tim baru terjun karena selama ini akses terhadap wajib pajak tidak diperkenankan oleh undang-undang.
 
"Karena sekarang sudah ada izin (dari Menkeu) jadi kami mulai bekerja," kata dia.

Sayangnya Heknius masih merahasiakan berapa wajib pajak yang akan diselesaikan. Menurut dia, karena tim bekerja dengan jumlah terbatas tidak semuanya akan dilihat secara langsung.
 
"Kami sementara baru melihat mereka-mereka yang sering disebut di media," ujar Hekinus.
 
Dalam pemeriksaan ini pula, lanjut dia, tim dari Inspektorat Jenderal tidak akan memanggil wajib pajak. Pemeriksaan hanya dilakukan pada dokumen pajak dan hasil petugas pajak yang pada waktu itu menjalankan tugas di Direktorat Keberatan dan Banding.
 
"Ini karena tugas reguler pemeriksaan pajak ada 20 orang, tapi ini ada tugas lebih sesuai permintaan Menkeu," kata dia.(np)

Deretan Pilihan Mobil Baru Tahun 2024 dengan Harga Rp 100 Jutaan
Politikus senior Partai Golkar Jusuf Kalla.

Prabowo Mau Buat Presidential Club, Jusuf Kalla: Tentu Baik, Positif

Wakil Presiden RI periode 2004-2009 dan 2014-2019, Jusuf Kalla atau JK, menyambut positif wacana Presiden terpilih Prabowo Subianto yang ingin membentuk Presidential Club

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024