Alif Didakwa Beri Suap ke Penyidik Gayus

Gayus Tambunan Diciduk Satgas
Sumber :

VIVAnews - Sidang kasus dugaan mafia pajak, Gayus Tambunan mulai disidangkan. Terdakwa Alif Kuncoro didakwa karena diduga telah memberikan motor Harley Davidson kepada Kompol Muhammad Arafat Enanie, penyidik Gayus.

"Didakwa dengan Pasal 5 ayat (1) huruf b Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi atau Pasal 13 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi," kata Jaksa Teguh Wardoyo saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 14 Juli 2010.

Dalam dakwaannya jaksa penuntut umum mengatakan Alif Kuncoro dan adiknya, Imam Cahyo Maliki, berperan dalam pengadaan Harley Davidson untuk diberikan kepada Kompol Muhammad Arafat Enanie, penyidik Direktorat II Ekonomi Khusus Badan Reserse Kriminal Markas Besar Polri. Arafat ketika itu merupakan penyidik kasus money laundry Gayus Tambunan.

Hal itu bertujuan agar Imam tidak dijadikan tersangka dalam perkara tindak pidana pencucian uang dan korupsi dengan tersangka Gayus Tambunan.

Kasus ini bermula dari penanganan kasus Gayus Tambunan yang pada bulan Oktober 2009 sedang ditangani oleh Mabes Polri. Sepulang umroh, Alif diberitahu oleh adiknya Imam Cahyo Maliki dan Gayus Tambunan bahwa kepolisian telah memeriksa saksi.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

"Beberapa saksi bisa menjadi tersangka termasuk Imam Cahyo Maliki," kata Jaksa Teguh Wardoyo. Kemungkinan penetapan tersangka tersebut, kata Teguh, terkait pekerjaan Imam sebagai konsultan pajak serta adanya tranfer uang sebesar Rp 25 juta kepada Gayus Tambunan.

Alif Kuncoro, Gayus, dan Arafat bertemu di restoran King Palace Hotel Pasific Palace. "Pertemuan tersebut untuk membicarakan agar Imam Cahyo Maliki tidak jadi tersangka," kata dia. Pertemuan tersebut berlanjut di Show Room PT Mabua Motor Indonesia, di Auto Mall Kawasan SCBD.

Di show room Arafat menaiki motor Harley Davidson yang dipamerkan. "Mau yang itu," kata Alif pada Arafat ketika itu. "Ya mau kalau ditawari," kata Arafat.

Alif kemudian membeli satu unit Harley Davidson type ultra klasik dengan harga 410 juta dan kemudian motor diserahkan kepada Arafat. (sj)

VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024