Dugaan Rekening Gendut

ICW: 23 Perwira Itu Konsultan Bisnis Hebat

Danang Widiyoko
Sumber :
  • antikorupsi.org

VIVAnews - Markas Besar Kepolisian kemarin merilis 23 rekening janggal milik perwira polisi tidak terindikasi pidana.

KPK Ungkap Background Pejabat Pemilik Aset Kripto Miliaran

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Edward Aritonang, menyatakan awalnya memang mencurigakan, tapi kemudian tidak terbukti ada pelanggaran.

Menurut Edward, rekening itu dapat dipertanggungjawabkan. "Ada rekening yang hasil investasi keluarga, bidang angkot, usaha kebun, ada terkait usaha keluarga besar," katanya dalam jumpa pers hari Jumat kemarin.

Menanggapi hal itu, Koordinator Indonesia Corruption Watch Danang Widoyoko mengatakan, "Kalau boleh saya usul, Presiden merekrut bapak-bapak perwira polisi itu sebagai konsultan Menteri BUMN."

Menurutnya, perwira polisi yang mengelola hartanya menjadi usaha, sangat diperlukan pemerintah sebagai masukan untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Karena dengan begitu, polisi seperti itu layak menjadi konsultan untuk mengembangkan perekonomian negara.

"Mungkin di tangan polisi akan lebih baik. Kan halal semua itu rekeningnya, bisnisnya. Berarti konsultan-konsultan bisnis yang hebat," kata Danang, Sabtu 17 Juli 2010.

Dia juga berseloroh, salah satu perwira yang disebut mengelola bisnis sebagai pengusaha angkutan umum dapat direkrut oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, untuk mengembangkan transportasi massal di Jakarta. "Rekrutlah sebagai konsultan. Sah itu, halal," katanya.

ICW sudah dua kali melaporkan rekening satu jenderal polisi ke Komisi Pemberantasan Korupsi. Menurut ICW, pada rekening jenderal berinisial BG tersebut pernah terjadi transaksi puluhan miliar rupiah, namun di saat bersamaan, laporan harta kekayaannya ke KPK tak mencapai Rp5 miliar.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet
Brigade al-Quds Brigade Tulkarm, Mohammad Jaber atau Abu Shujaa

Dikira Tewas oleh Israel, Komandan Al Quds Abu Shujaa Tiba-tiba Muncul di Pemakaman

Komandan kelompok bersenjata Palestina Al-Quds, Brigade Tulkarm di Tepi Barat, Abu Shujaa yang diberitakan telah terbunuh oleh pihak Israel pekan lalu, tiba-tiba muncul.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024