Pelapor Korupsi Sekolah Mengadu ke Komnas HAM

renovasi sekolah
Sumber :
  • dokumentasi BSP

VIVAnews - Indonesia Corruption Watch bersama orang tua murid pelapor dugaan korupsi di sekolah mengadu ke Komisi Nasional untuk Hak Asasi Manusia siang ini. Mereka mengklaim diserang balik setelah membuka dugaan korupsi di sejumlah sekolah di Jakarta.

"Terkait masalah ini, kami berencana mendatangi Komnas HAM Senin, 26 Juli 2010,  pukul 12.00," kata Febri Hendri A.A, Peneliti Senior ICW, secara tertulis. Tujuannya, kata Febri, untuk melaporkan peristiwa itu.

Febri menyampaikan, para orang tua murid dan pelapor kasus korupsi dilarang masuk pekarangan sekolah, dipecat sebagai pengurus komite sekolah, diskriminasi terhadap anak, dan bahkan  diusir dari daerahnya sendiri.
 
Dr. Okky Sofyan cs. diusulkan diberhentikan sebagai pengurus Komite SDN RSBI 012 Pagi Rawamangun oleh Kepala Seksi Pendidikan Dasar Kecamatan Pulogadung. Adapun Yuslinarwati diberhentikan sebagai Sekretaris Komite SMP 99. Selain itu, Ade Pujiati -pengurus TKBM Ibu Pertiwi juga mendapat permintaan lisan dari kepala sekolah agar tidak lagi menginduk pada SMP 67 dengan alasan kurang jelas.

"Inilah serangan balik faktual terhadap orang tua murid dan pelapor korupsi sekolah. Tiga kasus ini tidak dapat dipisahkan dari upaya mereka untuk meningkatkan transparansi dan memberantas korupsi sekolah," ujar Febri.

Peristiwa ini, menurut ICW, tidak dapat dilepaskan dari usaha mereka untuk mengkritisi dan membongkar kasus korupsi sekolah. Dr. Okky Sofyan cs. melaporkan kasus dugaan korupsi dana BOS, BOP, Block Grant dan komite sekolah di SDN RSBI 012 Pagi Rawamangun. Ade Pujiati berusaha membongkar kasus korupsi di SMP Induk TKBM Jakarta. Yuslinarwati berusaha membongkar penggunaan dana sekolah dan komite sekolah di SMP 99 Jakarta.

Para pelapor sudah menyampaikan dugaan korupsi ini ke Pemerintah DKI Jakarta dan Komisi Informasi. Dinas Pendidikan DKI Jakarta berjanji untuk menindaklanjuti laporan hasil pemeriksaan dugaan korupsi dana BOS dan BOP dari Inspektorat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (kd)

2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer
Ford Fiesta nekat melewati jalur Taman Nasional Bromo

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Sebuah video menunjukkan pengendara mobil Ford Fiesta memaksakan diri untuk melewati jalur kawasan Bromo. Namun, berakhir nahas.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024