Makalah Calon Bos KPK Dinilai 12 Akademisi

Seleksi Calon Pimpinan KPK
Sumber :
  • Antara/Fanny Octavianus

VIVAnews - Sebanyak 131 calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi hari ini menjalani tes pembuatan makalah kompetensi. Nantinya, makalah mereka akan dinilai oleh 12 akademisi yang saat ini identitasnya masih dirahasiakan.

"Tidak boleh disebutkan mereka berasal dari mana, nanti dikhawatirkan ada yang mendatangi," kata Ketua Pansel KPK, Patrialis Akbar, di Gedung Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Rabu 28 Juli 2010.

Patrialis menjelaskan, dalam pembuatan makalah, para calon juga diminta tidak mencantumkan nama. Identitas calon diganti dengan nomor pendaftaran. "Agar penguji tidak mengetahui siapa pemilik makalah tersebut," jelasnya.

Para calon, lanjut Patrialis, harus menjelaskan lima hal mengenai korupsi di Indonesia. Lima hal itu adalah peserta diminta menjelaskan kondisi korupsi di Indonesia dan perkembangannya, hubungan antara pemberantasan korupsi dan pembangunan.

Kedua, kerangka hukum dan kebijakan nasional pemberantasan korupsi. Ketiga, peserta harus menjelaskan bagaimana posisi KPK sebagai lembaga yang khusus menangani pemberantasan korupsi. Keempat, konsepsi penulis dalam pembernatasan korupsi. Dan kelima, penutup dan ruang lingkup dalam makalah.

Seleksi pimpinan KPK saat ini adalah untuk mencari pengganti Antasari Azhar. Antasari diketahui diberhentikan tetap sebagai Ketua KPK karena terbukti terlibat dalam kasus pembunuhan berencana.

Epy Kusnandar Ternyata Ditangkap Bersama Yogi Gamblez 'Serigala Terakhir'
Ganjar Pranowo, Debat Kelima Calon Presiden Pemilu 2024

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo yang merupakan capres dari PDIP tidak mau masuk pemerintahan Prabowo Subianto yang memenangkan pemilihan presiden periode 2024-2029. Seberapa tajir Ganjar?

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024