Seleksi KPK

Wayan Sudirta: Dari DPD ke KPK

Seleksi Calon Pimpinan KPK
Sumber :
  • Antara/Puspa Perwitasari

VIVAnews - I Wayan Sudarta, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), juga menjadi salah satu calon yang lolos ke tahap wawancara seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pria kelahiran Pidpid Bali, 20 Desember 1950 ini dibesarkan di lingkungan keluarga militer. Sejak kecil ia mengenyam pendidikan di Pulau Jawa.

Berdasarkan data Indonesia Corruption Watch, gelar S1 Fakultas Hukumnya didapatkan pada tahun 1976 di Universitas Brawijaya Malang, dan setelah lulus beliau meneruskan karier di bidang hukumnnya di LBH Jakarta sejak tahun 1977 di bawah pimpinan Adnan Buyung Nasution. Kariernya di LBH Jakarta hanya berjalan selama tiga tahun.
 
Selama menekuni kariernya di bidang hukum, Wayan juga pernah melakukan pembelaan terhadap masyarakat kecil. Pada tahun 1989, ketika masa orde baru masih Berjaya, Wayan pernah membela 100 Kepala Keluarga Warga Kerandaan Desa Culik di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali yang terancam dikriminalisasi.

I Wayan Sudirta tidak hanya dikenal sebagai anggota DPD dari daerah pemilihan Bali, ia juga dikenal sebagai Ketua Kaukus Anti Korupsi DPD. Selain itu Wayan juga menjabat sebagai Ketua Panitia Perancang Undang-undang (PPUU) DPD.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024