Pengacara: Susno Dijerat Kasus Siluman

Komjen Pol. Susno Duadji
Sumber :
  • Antara/Yudi Mahatma

VIVAnews - Pengacara Susno Duadji, Ari Yusuf Amir, menilai kliennya tidak melakukan korupsi dana pengamanan pemilihan Gubernur Jawa Barat pada 2008. Menurut dia, kasus itu hanya dicari-cari oleh penyidik Mabes Polri untuk membungkam Susno.

"Ini perkara siluman, apa kaitan dengan pilkada Jabar itu? Enggak ada," kata Ari Yusuf Amir saat mendampingi Susno di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu 25 Agustus 2010.

Menurut dia, Susno sendiri tidak tahu menahu dirinya dijerat kasus korupsi ini. Susno, kata dia, tidak pernah diberitahu oleh penyidik dan tidak pernah diperiksa sebagai saksi maupun tersangka dalam kasus tersebut. "Pak Susno mendengar kasus pilkada Jabar dari media. Tidak pernah diperiksa sebagai saksi maupun sebagai tersangka," kata dia.

"Harusnya sebagai saksi atau tersangka harus dijelaskan Anda terkena kasus ini. Ini tidak dijelaskan."

Selama ini, kata dia, Susno hanya diperiksa sekali dalam kasus dugaan suap PT Salmah Arowana Lestari (SAL). Pemeriksaan itu pun hanya sebagai saksi karena Susno menolak diperiksa sebagai tersangka. "Kalau kasus Arwana diperiksa sebagai saksi sekali saja," kata dia.

Ari Yusuf menambahkan perkara Susno itu tambah terlihat aneh dan terkesan dicari-cari oleh Polri. Pasalnya, hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas penggunaan dana pengamanan pilkada Jabar itu telah menyatakan tidak ada masalah. "Kenapa ini jadi perkara? Kami tidak tahu," kata dia.

Susno diduga telah memotong anggaran dana hibah untuk pengamanan pemilihan Gubernur Jawa Barat pada 2008. Susno diduga memotong anggaran pengamanan yang besarnya mencapai Rp 27 miliar. Hari ini, Susno dan berkas perkara kasus ini dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Susno juga dijerat kasus dugaan suap PT Salmah Arowana Lestari. Susno diduga menerima suap sebesar Rp500 juta. Susno dan berkas perkara kasus suap ini telah dilimpahkan pada Juni lalu. (umi)

Kala Prabowo Kenang Masa Digembleng Senior di TNI, Begini Kisahnya
Rawon Buntut

5 Hidangan Sup Terbaik di Dunia, Rawon dan Soto Betawi Peringkat Teratas

Sup dapat dihidangkan sebagai makanan pembuka atau hidangan utama. Terdapat 5 hidangan sup yang dinilai terbaik di dunia, rawon dan, Soto Betawi ada di peringkat teratas.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024