Calon Bos KPK Harus Langsung Mampu Kerja

Sumber :
  • Antara/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah mengantongi dua calon pimpinan komisi antikorupsi. Siapa saja dua calon itu?

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem

"Mereka yang terpilih nanti mampu menggerakkan kereta api KPK yang saat ini sedang berhenti karena lokomotifnya dicuri orang," kata anggota Pansel, Rhenald Kasali, saat dihubungi VIVAnews, Jumat 27 Agustus 2010.

Rheinald menegaskan, calon yang dipilih juga diharapkan dapat segera bekerja bersama-sama dengan empat pimpinan KPK tersisa. "Jadi yang terpilih ini kami nilai adalah orang yang dapat langsung bekerja tanpa harus menunggu untuk belajar dulu, jadi mereka memiliki integritas untuk langsung menjadi pimpinan KPK," ujar Rheinald yang enggan menyebutkan siapa nama dua calon itu.

Rheinald menjelaskan, calon yang dipilih Pansel nantinya tidak dapat otomatis terpilih menjadi Ketua KPK. "Yang mendaftar kan semuanya bermimpi menjadi ketua, tapi nanti siapa yang jadi ketua akan ditentukan oleh DPR," jelasnya.

Seperti diketahui, seleksi tahap wawancara diikuti tujuh calon. Mereka adalah mantan Direktur Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung Sutan Bagindo Fahmi, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, Irjen Pol. (purn) Chaerul Rasjid, advokat Melli Darsa, Ketua Komisi Yudisial Busyro Muqoddas, Ketua Kaukus Antikorupsi DPD RI I Wayan Sudinewsrta, dan advokat Bambang Widjojanto..

Sejumlah lembaga seperti ICW berharap calon yang terpilih bukan berasal dari unsur kepolisian atau jaksa. Mereka menilai, kasus-kasus mafia hukum yang terungkap saat ini justru berasal dari dua institusi tersebut.

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN
Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Habiburokhman

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

Wakil Ketua Komisi III DPR RI mengatakan bahwa Polri sudah "on the track" dalam menangani kasus yang menjerat mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024