Anggodo Divonis Siang Ini

Anggodo Diperiksa KPK Sebagai Tersangka
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Anggodo Widjojo, terdakwa upaya penyuapan pimpinan dan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Rp5,15 miliar, akan menghadapi sidang vonis hari ini. Anggodo sebelumnya dituntut penjara enam tahun, denda Rp200 juta subsider enam bulan penjara.

Menurut jaksa, Anggodo terbukti melakukan pelanggaran sesuai dengan dakwaan pertama Pasal 21 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan Pasal 15 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Pertimbangan yang memberatkan terdakwa adalah tindakan penyuapan secara sengaja kepada pimpinan KPK yang dilakukan terdakwa dinilai telah membawa citra buruk bagi hukum Indonesia. Selain itu tidak terdakwa dianggap tidak mendukung program pemerintah untuk memberantas korupsi.

Anggodo menyusun pembelaan setebal 787 halaman. Tim pengacara Anggodo membacakan pembelaan itu secara bergantian di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, 24 Agustus lalu.

Dalam pembelaannya, Anggodo mengakui kasusnya berawal dari kasus Tanjung Api-api. Anggodo pun menegaskan tidak pernah melakukan pemerasan kepada pimpinan dan pegawai KPK. "Bahkan ke kantor KPK pun tidak sama sekali dalam urusan apapun," ujar Tomson Situmeang, salah satu pengacaranya.

Menurut tim pengacara, kliennya pun hanya menyerahkan uang milik kakak kandungnya, Anggoro Widjojo, kepada Ary Muladi. Anggoro adalah tersangka kasus korupsi pengadaan sistem komunikasi radio terpadu di Departemen Kehutanan.

Sidang Anggodo ini dijadwalkan pukul 10.00 di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Sidang dipimpin majelis hakim yang diketuai Tjokorda Rai Suamba. (kd)

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan
Forum on “Expansion of Job Opportunities in Japan for Indonesia Resources”

Siapkan Tenaga Kerja yang Kompeten, Kemnaker Ajak Jepang Investasi Pelatihan Bahasa

Kemnaker mengajak pemberi kerja Jepang untuk berinvestasi dalam memberikan pelatihan bahasa Jepang bagi kandidat SSW Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024