Al Amin Keluar Tahanan Karena Asimilasi

Al Amin Nasution
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar membenarkan kabar keluarnya terpidana suap Al Amin Nasution dari penjara. Al Amin keluar dari penjara dengan sepengetahuan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham dengan sejumlah alasan.

"Saya dapat informasi memang dia dapat izin untuk menemui keluarga. Kedua, dia memang dalam proses asimilasi," kata Patrialis di Istana Wakil Presiden, Rabu, 6 April 2011.

Sejumlah kabar menyebutkan Al Amin terlihat berada di tahanan dan berada di sebuah pesantren di Jakarta. Al Amin terlihat bebas, tanpa pengawalan petugas.

Menanggapi itu, Patrialis mengatakan Al Amin tidak dalam pengawalan karena dalam proses asimilasi. Dengan demikian, Al Amin dapat meninggalkan penjara pada pagi hari, lalu kembali ke penjara sore hari.

"Asimilasi itu tidak dikawal. Itu boleh. Kalau menginap langsung..." ujar Patrialis yang sambil bercanda kemudian menggerakkan tangannya ke leher, memeragakan leher yang digorok.

Al Amin tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi pada 9 April 2008 di sebuah pub Hotel Ritz Carlton Jakarta bersama Sekertaris Daerah Kabupaten Bintan Azirwan. KPK menyita uang senilai Rp4 juta saat penangkapan dan Rp 67 juta di mobil Al Amin.

Penyidik juga menemukan uang SGD $30 ribu dari Azirwan. Selain uang, ditemukan fotokopi hasil rapat Komisi Kehutanan DPR perihal persetujuan alih fungsi di Bintan. Azirwan sendiri sedang menjalani sidang. Dia divonis hukuman selama 2,5 tahun oleh majelis hakim. (SJ)

Tersambar Petir, Bangunan Saung Bambu Mang Eking di Tangerang Terbakar
Ilustrasi: Para santri Ma'had Al Jamiah Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo

Pendaftaran Ujian Masuk UIN Dibuka Hari Ini

Panitia Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) secara resmi membuka pendaftaran ujian masuk UIN, 17 April-15 Juni 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024