Kopi Manis Bikin Ingatan Tajam?

Secangkir kopi
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews – Minum kopi panas setiap hari tidak hanya memperpanjang harapan hidup seseorang. Mengawali hari dengan menyeruput kopi manis, ternyata kinerja otak akan lebih efektif sehingga daya ingat meningkat.

Pengaruh minum kopi manis terhadap kemampuan mengingat yang dimiliki seseorang ditemukan peneliti di Universitas Barcelona, Spanyol, sebagaimana dari laman Times Of India. Hasil penelitian telah dipublikasikan dalam jurnal Human Psychopharmacology: Clinical and Experimental.

Peneliti menemukan kafein pada kopi memiliki efek lain pada fungsi otak bila dikombinasikan dengan glukosa atau gula. Efeknya seperti rentang perhatian dan kerja memori.

Temuan ini berasal dari scan otak yang dilakukan pada 40 relawan yang sebelumnya diuji dengan seksama. Sebelum di-scan, relawan yang telah dibagi per kelompok, diminta minum kopi manis, kopi tanpa gula, dan air putih yang manis.

"Dua zat itu meningkatkan kinerja kognitif dengan meningkatkan efisiensi dari dua wilayah di otak yang bertanggung jawab untuk perhatian yang berkelanjutan dan memori kerja," kata peneliti Dr Josep Serra Grabulosa, dikutip dari Daily Mail.

"Otak lebih efisien di bawah pengaruh gabungan dari dua zat itu, karena membutuhkan sumber daya yang lebih sedikit untuk menghasilkan tingkat kinerja yang sama daripada ketika relawan hanya mengambil kafein, glukosa atau air," tambah Grabulosa.

Kendati demikian, pecinta kopi yang tidak menyukai kopi manis tetap mendapatkan manfaat yang sama dengan cara menikmati snack manis sambil menyeruput kopi.

Sebelumnya, pengaruh minum kopi terhadap umur seseorang ditemukan para peneliti di University of Athens. Hasil penelitiannya telah dirilis dalam kongres The European Society of Cardiology di Stockholm. (sj)

Drama Pernikahan Ria Ricis: Terbongkar Alasan Ibunda Teuku Ryan Sempat Tak Beri Restu
Teuku Ryan

Teuku Ryan Balas Tudingan Body Shaming Ria Ricis: "Dia Juga Pernah Komentari Penampilan Saya!"

Teuku Ryan sempat menyebut bentuk tubuh adik Oki Setianadewi itu terlalu kurus. Hingga membuat Ria Ricis minder hingga berniat menjalani implan payudara

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024