Kesepian Lebih Berbahaya Dari Rokok?

Sedih Depresi
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews – Apakah Anda sering merasa kesepian? Hati-hati karena perasaan ini dapat membahayakan kesehatan. Bahkan kesepian yang intens dirasakan, bisa menjadi “hidden killer” yang lebih berbahaya dari obesitas dan kebiasaan merokok.

Seperti dikutip dari laman DailyMail, hampir satu dari sepuluh orang tua yang menderita kesepian intens, mengalami peningkatan risiko depresi. Keadaan ini diperparah bila memiliki pola makan buruk, dan kurang olahraga.

Kini, dampak perasaan kesepian juga telah dikaitkan dengan gangguan kognitif seperti demensia.

Kampanye ‘Mengakhiri Kesepian’ saat ini sedang diselenggarakan oleh Age UK Oxfordshire, Counsel and Care, Independent Age and WRVS.

Dalam kampanye, mereka mengingatkan rasa kesepian bisa menjadi hal menakutkan dan bisa merusak kesehatan, terutama pada orang tua.

"Kami perlu mempertimbangkan secara praktis, emosional dan psikologis implikasi meningkatnya jumlah orang yang lebih tua," kata Andrew Barnett, dari Calouste Gulbenkian Foundation.

Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia juga mengakui bahwa rasa kesepian memiliki risiko tinggi untuk kesehatan. Risikonya lebih besar dari efek merokok dan obesitas.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC
Ilustrasi game changer.

Proyek Ini jadi 'Game Changer'

Game changer merupakan istilah yang mengacu pada perubahan atau inovasi yang mendasar dalam industri atau pasar yang mengubah dinamika yang ada dan ciptakan standar baru.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024