Kecanduan Makanan, Ini Solusinya

Wanita makan spaghetti
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews – Kebiasaan menyantap makanan tertentu, seperti cokelat, keripik kentang atau cokelat setiap hari, bisa menimbulkan masalah kesehatan. Hal ini juga menandakan Anda mengalami kecanduan makanan.

Penulis Rachael Moeller Gorman dalam buku Eating Well edisi Maret-April mengungkapkan, kecanduan makanan bisa terjadi karena makanan menyalip sirkuit otak. Kasus ini serupa dengan kecanduan narkoba dan alkohol pada seseorang.

Nora Volkow, Direktur Institut Penyalahgunaan Narkotika Nasional Amerika Serikat juga menyatakan hal yang sama. Menurut penelitiannya, seseorang yang secara kronis mengidamkan makanan tertentu, tidak beda dengan orang yang menderita kecanduan narkoba atau alkohol. Orang-orang yang demikian, katanya, selalu punya masalah, misalnya stres dan kurang tidur.

Lalu, bagaimana mengatasi kebiasaan makan berlebihan seperti itu, berikut ini tipsnya, dikutip dari Shine.

1. Antisipasi saat Anda merasa sedang lemah

Tanamkan dalam hati bahwa Anda tidak akan membiarkan diri tergoda untuk makan makanan camilan secara berlebihan. Selain itu, Anda bisa mengganti camilan dengan buah segar. Dengan cara ini kelak, kebiasaan Anda mengonsumsi camilan sedikit demi sedikit akan berkurang.

2. Sesekali makan-makanan yang memiliki rasa sama

Jika Anda mengonsumsi satu jenis makanan selama berhari-hari, Anda akan merasa bosan. "Tapi jika Anda mengonsumsi makanan yang bervariasi memicu Anda makan lebih banyak dibandingkan jika Anda hanya memiliki satu jenis makanan di piring Anda. Jadi, tetaplah mengonsumsi makanan dengan menu yang relatif sederhana,” kata Volkow.

3. Hindari makan di mobil dan di depan TV

"Mengatur ruang untuk makan sehingga Anda fokus hanya menyantap makanan yang ada di dalam piring,” kata Volkow. Dia juga menyarankan agar Anda tidak makan di luar meja makan.

4. Istirahat yang cukup

Kurang tidur bisa menyebabkan nafsu makan bertambah. “Sekarang telah diakui bahwa kurang tidur meningkatkan risiko makan terlalu banyak dan obesitas," kata Volkow. National Sleep Foundation merekomendasikan 7 sampai 9 jam tidur malam untuk orang dewasa.

5. Tetap tenang

"Ketika seseorang stres, bisa menurunkan kemampuan mereka untuk melakukan kontrol atas keinginan," kata Volkow. “Padamkan stres dengan olahraga. Anda dapat menjadwalkan latihan setiap hari." (adi)

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan
Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluan, Padang Pariaman, disegel warga

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluang Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman disegel oleh warga setempat, Kades dituduh hubungan sejenis

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024