Main Alat Musik Tingkatkan IQ Anak

Anak Bermain Musik
Sumber :
  • corbis.com

VIVAnews - Tak lama lagi, liburan sekolah tiba. Jika bingung merencanakan tempat liburan yang menarik untuk anak, kenapa tak mencoba menawarkan liburan dengan mendaftar kursus bermain alat musik. Belajar memainkan alat musik tak hanya bisa menambah pengalaman menarik untuk si kecil tapi juga bermanfaat meningkatkan IQ.

Studi menunjukkan bahwa memainkan alat musik dapat membantu anak Anda dalam berbagai aspek kehidupannya. Semua orang lahir memiliki kreativitas, tetapi banyak orang tidak menyadarinya karena tidak didorong dan tidak mendapat rangsangan di awal kehidupan mereka.

Seperti dikutip dari laman Idiva, ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan mengajari anak memainkan alat musik. Pemenang Grammy Keyboardist Louis Banks dan psikolog anak, Salma Prabhu, mengungkap mengapa belajar alat musik menjadi hal penting yang harus dipelajari anak-anak:

Meningkatkan IQ
Tulisan yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Nature menyimpulkan bahwa mempelajari alat musik dapat meningkatkan prestasi akademik anak.

Prabhu merasa ini berasal dari fakta bahwa bermain musik menggunakan kedua sisi rasional Anda (otak kiri) dan sisi kreatif Anda (otak kanan), sehingga meningkatkan IQ. Banks menambahkan, "Anak-anak memiliki kapasitas yang luar biasa untuk menguasai keterampilan baru, jadi ide yang baik untuk memberi mereka tantangan saat liburan nanti."

Menenangkan hati
Anak Anda dapat mempelajari instrumen musik di mana saja dan kapan saja. Ada bukti yang bisa memperkuat temuan ini. Bermain musik secara ilmiah bisa meningkatkan keadaan pikiran. Prabhu mengatakan, "Bermain musik bisa menghasilkan endorfin, hormon bahagia. Terlepas dari apakah Anda sedih atau dalam suasana hati buruk, bermain alat musik selalu akan membuat Anda merasa lebih baik."

Meningkatkan kewaspadaan
Banks mengatakan, "Belajar alat musik membuat kemampuan otak berkembang. Tekanan untuk berprestasi akademis yang intens. Sebuah penelitian di AS baru-baru ini menunjukkan bahwa memainkan alat musik dapat membalikkan beberapa komponen stres."

Terlibat dalam kemampuan ekspresif menenangkan membuktikan lebih efektif dari sekadar duduk untuk bersantai. Prabhu mengatakan, "Musik menenangkan dan merangsang syaraf otak. Ini juga meningkatkan kemampuan untuk menyerap informasi lebih lanjut."

Menanamkan disiplin
Menurut Banks, belajar alat musik membutuhkan jam praktek dan disiplin yang ketat. Dengan rentang perhatian yang pendek, belajar musik menanamkan rasa disiplin dan membantu meningkatkan fokus anak dengan pesat.

Dia menambahkan, "Memainkan instrumen mengajarkan manfaat kerja sama. Sebuah kelompok yang memainkan sebuah lagu bersama mempromosikan ikatan, persahabatan, persaingan yang sehat, hormat dan kepercayaan diri." (pet)

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina
Chandrika Chika

Profil Selebgram Chandrika Chika yang Ditangkap Polisi Terkait Dugaan Kasus Narkoba

Kabar mengejutkan datang dari dunia hiburan Tanah Air. Chandrika Chika, yang dikenal dengan joget papi chulonya, ditangkap oleh pihak kepolisian terkait kasus narkoba.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024