Maksimalkan Pencahayaan Alami

Rumah Bebas Bau
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Sinar matahari merupakan 'lampu' alami yang sebenarnya bisa Anda maksimalkan untuk menerangi rumah. Jadi, saat siang hari, Anda tak perlu menyalakan lampu demi mendapatkan penerangan. Bukan hanya lebih hemat, tetapi Anda juga ikut menjaga lingkungan.

Dengan banyaknya cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah, juga membuat suasana lebih hangat dan udara jadi lebih segar. Untuk memaksimalkan pencahayaan alami dalam rumah Anda, bisa terapkan empat cara berikut yang dilansir dari onegreenplanet.org.

1. Orientasi jendela
Strategi ini bertujuan untuk memanfaatkan sinar matahari melalui ukuran dan lokasi jendela. Pencahayaan siang hari mengacu pada menangkap cahaya yang tersebar tanpa

mengorbankan kenyamanan dan fungsi. Strategi ini juga harus meningkatkan kualitas cahaya dan tergantung pada letak ruangan.

2.  Penerapan jendela atap
Strategi clerestory atau jendela atap ini telah lama digunakan dalam arsitektur Mesir. Clerestory adalah bagian atap yang juga terdapat jendela. Cara kuno pencahayaan alami sangat cocok untuk rumah terbuka, yang langit-langitnya mengikuti garis atap.

3. Penggunaan kaca tembus
Pencahayaan alami sering dianggap membuat panas dalam rumah berlebihan atau hilangnya panas saat cuaca dingin. Padahal, dengan instalasi yang tepat dapat mengurangi ketidaknyamanan dan meningkatkan manfaat utamanya. Menggunakan kaca tembus bisa mengurangi silau dan kaca ganda harus digunakan dengan minimal.

4.  Pilih awning yang bisa disesuaikan

Strategi ini bisa mengendalikan intensitas pencahayaan alami. Letak awning yang bisa disesuaikan akan menyebarkan cahaya di seluruh rumah dengan pas. Cara ini bisa mengurangi paparan panas dalam rumah. (pet)

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States
VIVA Otomotif: SPKLU di rest area untuk mobil listrik

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Anggota BPJT Unsur Masyarakat, Tulus Abadi menambahkan pihaknya juga sudah menyediakan SPKLU bagi pemudik, yang berkendara menggunakan mobil listrik di sejumlah rest area

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024