Keraton Surakarta Disulap Jadi Arena Catwalk

Peragaan busana di Keraton Surakarta
Sumber :
  • Fajar Sodiq| Solo

VIVAnews - Pelataran keraton Surakarta yang biasanya digunakan untuk acara ritual tertentu dari pihak keraton diubah menjadi sebuah panggung megah fashion show bertajuk 'Anne, Cinta Sahabat', Jumat malam, 27 Mei 2011 yang digelar perancang ternama, Anne Avantie.

Bahkan, panggung peragaan busana berada tepat di samping Sangga Buwana, tempat duduk Raja Solo saat jumenengan ndalem.

Acara fashion show yang dikonsep dengan teatrikal ini cukup menarik. Beberapa artis lawas dan penyanyi ikut  terlibat di dalamnya. Untuk jajaran penyanyi ada Lea Simanjutak, Waldjinah, Judika, Titiek Puspa. Bahkan Krisdayanti yang tengah hamil pun ikut menyumbangkan suara emasnya.

Sedangkan untuk jajaran pemodel dan artis pun cukup banyak. Mulai dari Atikah Hasiholan dan sang pacar, Rio Dewanto, Anjasamara, Dian Nitami, Attalarik Syah, Ira Wibowo, Rima Melati, Widyowati, Indra Bekti dan Nycta Gina.

Dalam fashion show ini, Anne menampilkan ratusan kebaya modern hasil rancanangannya. Karya-karya ini dibagi dalam beberapa tema: kebaya keputren, pengantin putri, pengantin seloka, putri Tionghoa, putri Solo, batiken, kebaya tenggo, melati putih, adinda wayang golek Dewi Sri.

Benang merah dari rancangan-rancangan Anne Avantie adalah kebaya modern dengan permainan payet yang rapi yang dipadu dengan kain batik corak modern, songket dan kerudung. Selain itu, Anne juga tetap bertahan dengan gayanya yang khas, menampilkan sisi keseksian perempuan, menyesuaikan dengan lekuk tubuh perempuan.

Fashion show yang menandai 22 tahun Anne Avantie berkarya ini memang sengaja dihelat di keraton Surakarta. Selain merupakan impiannya, Anne juga ingin bernostalgia dengan masa kecilnya.

Masa kecil Anne memang di Solo. Sejumlah tokoh penting di masa lalunya juga diundang dalam syukuran ini. Termasuk, tukang becak yang biasa  mengantar Anne sekolah, tukang kebun dan suster kepala SD. 

"Banyak kenangan tentang Solo. Saya menghabiskan masa kecil di Solo," ucap Anne Aventie. Laporan: Fajar Sodiq | Solo

Dua 'Bos' Pungli Rutan KPK Minta Maaf Usai Dijatuhi Sanksi Etik Dewas KPK
Jalan tol Solo-Jogja dibuka fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran 2024

Menteri PUPR Sebut Operasi 7 Ruas Tol Fungsional Sukses Perlancar Arus Mudik Lebaran 2024

PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pengoperasian sejumlah ruas tol fungsional pada periode mudik Lebaran 2024 kemarin, telah berjalan efektif membantu kelancaran mudik.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024