Makan Apa Muslim di China Saat Lebaran

Restoran ' Komunis ' di Cina
Sumber :
  • AP Photo/ Ng Han Guan

VIVAnews - China terkenal dengan kekayaan khasanah makanannya. Lantas bagaimana dengan makanan khas Lebaran di negeri yang dihuni 35 juta umat Muslim ini?

"Untuk menu makanan khas lebaran sebetulnya tidak berbeda dari perayaan hari raya China lainnya," ujar Stella To, Special Assistant to CEO of Crystal Jade Culinary Concepts Holding. "Yang membedakan halal dan tidaknya."

Akan tetapi, warga Muslim yang tersebar di sejumlah wilayah, memiliki menu khas masing-masing.

Potret Layanan Ratusan Mitra Utama Bea Cukai Tanjung Priok

Masakan Muslim di utara dan selatan China, misalnya, berbeda--walaupun keduanya sama-sama banyak menggunakan kambing dan domba. Masakan China Utara sangat bergantung pada daging sapi. Masyarakat China Utara sangat jarang menggunakan bebek, angsa, udang, atau makanan laut lainnya. Sedangkan, masyarakat China Selatan sangat gemar memasak dengan menggunakan bahan makanan laut, bebek, atau angsa.

Ini karena letak geografis dua wilayah itu yang berbeda. Seain itu, Di China Selatan pernah diberlakukan larangan menyembelih hewan ternak untuk makanan, dan tradisi itu masih terus berkembang hingga saat ini, di sebagian masyarakatnya.

Pada dasarnya, menu yang dihidangkan Muslim China ketika perayaan Idul Fitri mencerminkan beragamnya kelompok etnis di negeri ini. Bahan yang umum digunakan adalah daging kambing panggang, sate, ikan bakar, dan nasi.

Salah satu menu makanan yang wajib dihidangkan saat Lebaran tiba adalah mie atau lamian. "Di China, lamian atau mie tarik merupakan perlambang panjang umur dan selalu menjadi sajian spesial," ia menambahkan.

Lamian adalah mie buatan tangan yang sangat panjang, biasanya disajikan dalam sup daging sapi atau domba aneka rasa. Bisa juga disajikan dengan cara digoreng dengan topping saus tomat.

Chuanr atau kebab, juga merupakan salah satu menu utama yang dihidangkan saat Lebaran. Meski awalnya populer di daerah Muslim Uighur, Provinsi Xinjiang; selama beberapa tahun terakhir menu ini telah menyebar ke seluruh wilayah negeri, khususnya di Beijing.

Sup mie daging sapi juga menjadi salah satu hidangan pengikat masyarakat Muslim di China. Masakah ini diciptakan oleh orang-orang Hui selama Dinasti Tang. Selain itu, jangan lupa sauerkraut China atau suan cai. Ini hidangan sayuran tradisional Cina yang selalu mendapat tempat istimewa di meja makan saat Lebaran tiba. (kd)

Ilustrasi narkoba.

Beberapa Selebgram Ditangkap Polres Jaksel, Siapa Saja Mereka?

Menurut Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Ade Rahmat Idnal. Adapun penangkapan beberapa selebgram ini dilakukan kemarin malam.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024