Tiga Film Raih Nominasi Terbanyak FFI 2011

Salah Satu Adegan Glenn Fredly dalam Film ?
Sumber :
  • Dapurfilm.com

VIVAnews - Festival Film Indonesia (FFI) kembali digelar di penghujung 2011. Sebanyak enam belas film masuk nominasi dalam 12 kategori, dan tiga film menjadi kandidat tersukses peraih nominasi terbanyak.

"Film '?' karya Hanung Bramantyo, sutradara terbaik 2005 dan 2007, 'Masih Bukan Cinta Biasa' besutan Benni Setiawan, sutradara terbaik FFI 2010, dan 'Sang Penari' dari sutradara muda Ifa Isfansyah meraih masing-masing sembilan nominasi FFI 2011," kata Ketua Bidang Penjurian Film Bioskop FFI 2011, Totot Indrarto dalam konferensi pers di Studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta, Minggu 27 November 2011.

Selain tiga film tersebut, dua film lainnya, 'The Mirror Never Lies' karya Kamila Andini dan 'Tendangan dari Langit' karya Hanung Bramantyo memperoleh tujuh dan empat nominasi. Rencananya, dewan juri akan memilih seluruh Pemenang Piala Citra, dalam Malam Anugerah Piala Citra FFI 2011 di Hall D Kemayoran, Jakarta pusat, pada Sabtu 10 Desember mendatang.

"Ketika kami memulai, ada beberapa hal yang kami janjikan yaitu, perubahan kualitas penjurian, pemilihan untuk pemenangnya. Kedua, sistem baru membuahkan penjurian dan hasil yang lebih baik dan hasil. Ketiga, melibatkan partisipasi masyarakat film yang lebih banyak," lanjut Totot.

Totot menjelaskan tentang banyaknya jumlah film yang mendapatkan nominasi tahun ini merupakan konsekuensi sistem baru penjurian film bioskop, di mana pemilihan nominasi dilakukan oleh Komite Nominasi yang terdiri dari 21 pekerja film yang bekerja dalam tujuh Sub Komite, yakni Penyutradaraan, Penulisan Cerita dan skenario, Pengarahan sinematografi, Pengarahan Artistik, Penyutingan Gambar, Penataan Suara dan Musik, serta Pemeranan.

"Setiap Sub Komite terdiri dari tiga pekerja film dan menilai unsur-unsur yang menjadi tanggung jawabnya. Pilihan atau usulan nominasi dari mereka kemudian didiskusikan bersama anggota lain. Jadi yang tadi diumumkan adalah kesepakatan 21 anggota Komite Nominasi," terangnya lagi.

Totot menyebut untuk tahun 2011 ini tren film populer masih didominasi oleh film drama. Namun, untuk genre lain juga menunjukkan perkembangan yang baik.

"Film drama masih mendominasi, bagaimana isu dicapai. Tetapi tema olahraga, bahkan ronggeng juga muncul," ucapnya.

Terkait kategori utama yaitu nominasi film terbaik sendiri, baru akan diumumkan pada Rabu 30 November 2011 besok. Pasalnya, untuk kategori ini komposisi dewan juri akan digabung dengan pengamat film, budayawan, akademisi dan pekerja film.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini
Parto Patrio

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 26 April 2024. Salah satunya tentang sakit yang diidap Parto hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024