Bundesliga Jauh Tertinggal dari Premier League

Bayern Munich rayakan gelar Bundesliga
Sumber :
  • REUTERS/Michaela Rehle
VIVA.co.id
Goetze Balik ke Dortmund, Belum Dimaafkan Fans?
- Tak bisa dipungkiri jika Premier League merupakan kompetisi terbaik di dunia. Selain dilihat dari tingkat kompetisi, Liga Inggris juga punya catatan bisnis yang mentereng. Tak heran, kompetisi di tanah Ratu Elizabeth, unggul kualitas jika dibanding Bundesliga Jerman.

Mourinho Tuntut MU Cepat Beradaptasi dengan Gayanya

Hal ini disoroti oleh CEO Bayern Munich, Karl-Heinz Rummenigge. Dilansir
Mourinho Tak Rela Jika MU Hanya Finis 4 Besar
Bild , Rummenigge mengakui jika Bundesliga atau Liga Jerman, kalah hebat jika dibanding dengan Premier League.


Rummenigge ingin Bundesliga mengambil tindakan. Eks penggawa Timnas Jerman ini sadar betul, harus mengambil langkah agar Bundesliga tak tertinggal jauh dari Premier league.


"Bundesliga harus bertindak. Inggris menyalip kami dari kiri, kanan, dan tengah. Ketika mempertimbangkan aktivitas transfer, promosi pemasaran, dan keuntungan televisi. Di manapun, Bundesliga harus berhati-hati agar tak tertinggal jauh," ujar Rummenigge.


Liga Inggris unggul dalam berbagai sektor jika dibanding dengan Bundesliga. Terukur dari kegiatan transfer pemain, hak siar televisi, serta promosi pemasaran.


Hak siar pertandingan Liga Inggris mencetak rekor dengan nilai hingga mencapai £5.136 miliar, atau senilai dengan Rp107.1 triliun. Nilai tersebut disepakati pada bulan Februari lalu, untuk durasi 3 tahun, dimulai dari musim 2016/2017.


Jumlah tersebut meningkat drastis hingga mencapai 71 persen dibandingkan dengan kesepakatan hak siar tahun 2012 silam.


Nilai hak siar Premier League tersebut unggul sekitar 4 kali lipat dari nilai hak siar Bundesliga, sekitar £437 juta (senilai Rp9.1 triliun) per musimnya.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya