Bikin Wasit Walk Out, Pelatih Leverkusen Dihukum 5 Laga

Wasit Felix Zwayer (kiri) dan Roger Schmidt.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Federasi Sepakbola Jerman (DFB) akhirnya resmi menjatuhi hukuman kepada pelatih Bayer Leverkusen, Roger Schimdt. Dia dilarang menemani tim asuhannya bertandingan dalam lima laga di kompetisi Bundesliga.

Hukuman ini buntut dari insiden kala Leverkusen kalah 0-1 dari Borussia Dortmund di pentas Bundesliga pada pekan lalu.  Dalam laga itu, wasit Felix Zwayer sempat memutuskan walk-out atau keluar dari lapangan.

Insiden berawal kala para pemain Leverkusen sempat memprotes gol tunggal milik Dortmund yang dicetak oleh Pierre-Emerick Aubameyang di menit 64. Sebab, sebelum gol terjadi pelanggaran kepada Stefan Kiessling.

Namun, wasit Felix Zwayer memutuskan meneruskan permainan dan tak melihat itu sebuah pelanggaran. Alhasil, Dortmund berhasil memanfaatkan momen itu menjadi gol kemenangan mereka.

Tak terima, pelatih Roger Schmidt melancarkan protes keras kepada wasit hingga berujung pengusiran padanya. Namun, pelatih Leverkusen tersebut menolak pindah ke tribun, akibatnya malah Zwayer yang memilih keluar lapangan dan membuat laga terhenti beberapa waktu.

Laga kembali dilanjutkan usai Schmidt menerima hukumannya dengan menyaksikan pasukannya bermain dari tribun penonton. Kini, DFB mengambil keputusan melarang pelatih berusia 48 tahun tersebut menemani timnya dalam lima pertandingan.

"Sang pelatih tak boleh berada di area interior stadion tempat timnya bertanding. Larangan itu dimulai 30 menit sebelum kick-off dan 30 menit selepas kick-off," bunyi pernyataan DFB pada situs resminya.

"Selama waktu itu sang pelatih tak boleh berada di ruang ganti, lorong pemain, lorong stadion. Selanjutnya ia tak boleh berhubungan dengan timnya, baik secara langsung maupun tak langsung," sambung pernyataan tersebut.

ManCity Kalahkan Dortmund Melalui Drama Adu Penalti
Pelatih Borussia Dortmund, Thomas Tuchel

Dortmund: Bursa Transfer Pemain Semakin Gila

Beberapa klub membeli pemain dengan harga fantastis.

img_title
VIVA.co.id
30 Juli 2016