Pemain Naturalisasi Penentu Sukses Jepang

Tandari Lee saat melepaskan tendangan yang menjebol gawang Australia
Sumber :
  • AP Photo/Hassan Ammar

VIVAnews - Jepang sukses merebut gelar Piala Asia untuk kali keempat usai mengalahkan Australia di final. Penentu sukses Jepang adalah pemain naturalisasi dari Korea Selatan, Tadanari Lee.

Jepang harus menunggu hingga menit ke-109 untuk mencetak gol kemenangan melawan Australia. Lee yang masuk menggantikan Ryoichi Maeda menit ke-98 sukses memanfaatkan umpan silang Yuto Nagatomo dan melepaskan tendangan voli tanpa bisa dihentikan kiper Australia Mark Schwarzer.

Ini adalah gol perdana Lee di hanya pertandingan keduanya bersama timnas senior Jepang. Tim Samurai Biru pun akhirnya merebut gelar Piala Asia mereka yang keempat. Keputusan Lee untuk berpindah kewarganegaraan dan membela timnas Jepang akhirnya tidak sia-sia.

Profil pemain 25 tahun ini memang cukup unik. Lee aslinya adalah pemain berdarah Korea Selatan yang memiliki nama asli Lee Chung-Sung. Lee terlahir dari kelurga Zainichi, atau orang Korea yang bermukim di Jepang.

Pada 2004, Lee sempat dipanggil untuk membela timnas Korea Selatan U-19, namun akhirnya memutuskan untuk meninggalkan skuad setelah terus diejek tidak pantas membela timnas Korea karena dianggap 'setengah Jepang' oleh rekan setimnya.

Lee akhirnya kembali ke Jepang dan diminta Federasi Sepakbola Jepang (JFA) untuk membela timnas Jepang. Pada 2007, Lee mendapat kewarganegaraan Jepang dan melepas statusnya sebagai warga negara Korea.

Sukses Lee bersama klubnya, Sanfrecce Hiroshima, membuat pelatih Alberto Zaccheroni kepincut membawa striker 25 tahun ini ke Piala Asia 2011.

Meski berpindah kewarganegaraan, Lee tidak melupakan darah Koreanya. Terbukti jika membela Sanfrecce di Liga Jepang (J-League), Lee selalu menggunakan nama Lee Chung-Sung di seragamnya.

Lee sangat mengagumi kapten timnas Korea Park Ji-Sung dan mengikuti jejaknya bermain di Eropa. Saat ini Lee sedang menjalin kisah asmara bersama penyanyi Ayumi Lee.

Ganas, Shin Tae-yong Yakin Timnas Indonesia U-23 Hajar Korea Selatan
Ketua KPU Kabupaten Tangerang Muhammad Umar

KPU Tangerang Sebut Proses Pendaftaran Pemilukada 2024 Dibuka Mei

KPU Tangerang masih menunggu petunjuk teknis dalam pelaksanaan Pemilukada 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024