Sir Alex Dianugerahi Gelar Doktor Olahraga

Sir Alex Ferguson (abu-abu) menerima gelar Doktor
Sumber :
  • Getty Images

VIVAnews - Manajer Manchester United menerima gelar Doktor dari University of Stirling setelah dianggap melakukan 'kontribusi luar biasa' dalam bidang olah raga. Gelar itu diberikan pada Fergie -sapaan Ferguson- dalam acara wisuda bersama mahasiswa lainnya, Rabu 29 Juni 2011 waktu setempat.

Dalam sambutannya, Fergie meminta agar para mahasiswa itu mengikuti jejak dua legenda MU, Sir Bobby Charlton dan Sir Matt Busby. Menurut Fergie, kedua mantan pemain itu bisa menjadi hebat karena memiliki rasa rendah hati.

"Saya sudah memiliki banyak penghargaan, tapi saya masih menghargai apa yang dilakukan oleh Universitas Stirling hari ini. Saya menghargainya, keluarga saya juga melakukan hal yang sama. Adalah suatu kebanggaan bisa dihargai," kata Fergie seperti dilansir The World Games.

"Bobby Charlton dan Matt Busby jadi contoh yang baik. Sepanjang hidupnya, mereka tetap menjejakkan kaki di tanah. Mereka tetap orang yang sama, mereka punya rasa malu," katanya lagi.

Oleh Universitas Stirling, Fergie sebagai manajer tersukses di Inggris dengan 12 gelar Liga Inggris, disebut menerapkan perbedaan besar dalam olahraga dan arena publik pada umumnya. Kepala Deputi dari Universitas, Professor Grant Jarvie, bahkan menyebut 'MU adalah Fergie'.

Kemampuan Fergie untuk bisa menang bahkan layak dipuji oleh sesama manajer dan pemain dari klub lain."Mereka (manajer dan pemain) juga pasti menyebut rasa malu dan perlindungan yang dia berikan pada pemain-pemainnya, jarak yang akan ditempuhnya saat menghadiri pemakaman sahabat, dan di atas semuanya kehidupan keluarga sangat penting baginya," puji Jarvie.

Fergie yang sudah mengabdi selama 24 tahun merupakan manajer terlama yang pernah menangani MU. Dalam kurun waktu lebih dari dua dekade itu, dia sudah memberi MU  12 gelar Liga Inggris, lima Piala FA, empat Piala Liga, dua gelar Liga Champions, satu gelar Juara Dunia Antarklub, dan sederet gelar lokal lainnya. (eh)

554 Kloter Jemaah Haji Reguler Sudah Dirilis, Siap Berangkat Mulai 12 Mei 2024
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas

Pesan Menag di Hari Kenaikan Isa Almasih: Melayani Sesama dan Merajut Kebersamaan!

Hari ini umat Kristiani memperingati Kenaikan Yesus Kristus atau Isa Almasih. Menag Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat kepada umat Kristen dan Katolik.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024