Javi Varas, Kiper Penangkal Penalti Messi

Javi Varas (kuning) saat melawan Barcelona
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVAnews - Nama Javier 'Javi' Varas Herrera mendadak jadi buah bibir akhir pekan ini. Kegemilangannya mengawal gawang Barcelona saat menahan imbang 0-0 Barcelona di Stadion Camp Nou, Sabtu, 22 Oktober 2011 (Minggu dini hari WIB) mendapat pujian dari berbagai pihak.

Terungkap Alasan Bomber Argentina Tolak Pinangan Barcelona

Dalam pertandingan melawan Barca, kiper 29 tahun itu sedikitnya menggagalkan 8 peluang bersih Barcelona. Salah satu yang paling diingat adalah aksinya di injury time. Dia menggagalkan tendangan penalti Lionel Messi dan membuat kedudukan 0-0 bertahan hingga akhir. Dia disebut-sebut layak menjadi man of the match dalam pertandingan tersebut.

Usai pertandingan, pelatih Sevilla, Marcelino Garcia Toral tak ragu memberikan pujian pada Varas. “Di babak kedua, kami mendominasi laga. Kiper kami juga sangat luar biasa di sejumlah momen,” kata Marcelino seperti dikutip dari Soccerway.

Ini Modal Real Madrid Raih Piala Super Eropa

“Sepertinya mustahil bermain melawan klub ini--Barcelona--tanpa kebobolan, jika tidak memiliki kiper terbaik. Kami datang untuk menantang tim yang sudah mencetak 21 gol kandang di liga, tapi kami mampu menjaga gawang dari gol mereka,” katanya.

Tak hanya pelatih Sevilla, pelatih Barcelona Pep Guardiola pun melayangkan pujian pada Varas. "Kami harus mengucapkan selamat atas performa Sevilla, terutama pertahanan mereka. Dan pemain bintang di laga akbar malam ini adalah Javi Varas,” ujar Guardiola seperti dilansir AS.

Dari bangku cadangan

Girangnya Ramos Setelah Taklukkan Sevilla

Karir Varas sampai menembus tim inti Sevilla ini berlangsung lumayan panjang. Varas mulai bergabung dengan Sevilla pada tahun 2003. Dia bermain di Sevilla B dalam tiga musim awalnya dan sempat dipinjamkan ke klub San Jose dan Alcala. Musim 2006-07 dia dipromosikan ke tim utama dan bermain di Divisi Segunda dalam 13 pertandingan.

Usai pelatih Sevilla David Cobeno pindah ke Rayo Vallecano, Varas menjadi kiper cadangan Andres Palop. Dia mencatat debut La Liga pada 17 Januari 2009 dengan kemenangan 1-0 atas Numancia, Selanjutnya pada Oktober hingga November 2009 dia menjadi pilihan utama karena cederanya Palop. Selama itu dia hanya sekali kebobolan dalam empat pertandingan.

Pertengahan musim 2010-11 Varas menjadi kiper utama Sevilla seiring menuanya Palop. Dia bermain dalam 21 pertandingan dan membawa klub Andalusia itu finish di posisi kelima dan lolos Europa League.
Musim ini bersama pelatih baru Marcelinio Garcia Toral, Varas menjadi pilihan utama klub yang bermarkas di Ramón Sánchez Pizjuán.

Meskipun terhitung sukses saat menghadapi Barcelona, Varas justru memilih merendah. Menurut dia, hasil imbang melawan Barcelona bukan hanya berkat jasa dirinya, tapi juga seluruh tim.

“Penampilan keseluruhan tim sangat baik. Kredit perlu diberikan pada semuanya, karena mencoba untuk berkontribusi. Jasa rekan-rekan saya tak boleh dikurangi,” ujar Varas seperti dilansir Yahoosports.

Penampilan gemilang Varas memang dibutuhkan Sevilla yang saat ini berada di posisi keempat dengan mengoleksi 16 poin dari delapan pertandingan.

Biodata

Nama lengkap: Javier Varas Herrera
Tempat, tanggal lahir: Sevilla (Spanyol), 10 September 1982
Tinggi: 182 cm
Posisi: Penjaga gawang
Nomor punggung: 13
Karir klub:
2002–2003     AD Nervión        
2003–2008     Sevilla B                     83 tampil
2003–2004     San José (pinjaman)       
2004–2005     Alcalá (pinjaman)        20 tampil
2008–            Sevilla                        37 tampil

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya