Kharja & Manucho Pimpin Top Skor Piala Afrika

Aksi Houssine Kharja saat melawan Gabon
Sumber :
  • REUTERS/Thomas Mukoya

VIVAbola - Mantan pemain legendaris Afrika Selatan, Phil Masinga sempat memberikan prediksi striker Chelsea, Didier Drogba akan menjadi top skor Piala Afrika 2012. Dia menyebut Drogba memiliki kemampuan untuk mencetak gol terbanyak dalam turnamen ini.

Hendak Perkosa PRT, Petinju Olimpiade Dipenjara

"Lihat, ini masih terlalu dini tetapi saya pikir Drogba memiliki kemampuan untuk mencetak gol terbanyak selama turnamen ini," ujar Masinga dikutipĀ Goal.

Dia juga memprediksi striker Ghana, Asamoah Gyan akan menjadi pesaing Drogba dalam merebut gelar top skor. Namun pada kenyataannya bukan Drogba ataupun Gyan yang kini memuncaki daftar top skor Piala Afrika. Kedua pemain ini baru mencetak 1 gol.

VIDEO: Maradona Bikin Gol Indah di Laga Amal

Puncak top skor saat ini dipegang dua pemain yakni striker Angola, Manucho dan gelandang Maroko, Houssine Kharja. Kedua pemain ini telah mencetak 3 gol dan masih berpeluang menambah pundi-pundi golnya.

Dalam turnamen Piala Afrika, Kharja tampil sangat gemilang. Sayangnya mantan pemain Inter Milan ini selalu gagal membawa Maroko meraih kemenangan. Maroko pun harus tersingkir lebih awal.

Konyol, Pemain Ini Dikartu Merah Usai 'Langgar' Penyusup

Gol pertama Kharja dicetak saat Maroko ditumbangkan Tunisia 1-2, sedangkan 2 gol lainnya dicetaknya saat negaranya dibungkam tuan rumah Gabon 2-3. Namun, dia masih memiliki peluang mencetak gol di pertandingan terakhir saat melawan tim yang sudah sama-sama tersingkir, Niger.

Sementara itu Manucho mencetak satu gol saat Angola menumbangkan Burkina Faso 2-1. Dua gol mantan pemain lainnya mantan pemain MU ini dicetak saat menahan imbang Sudan 2-2. Berbeda dengan Kharja yang gagal membawa negaranya lolos ke perempatfinal, Angola masih berpeluang lolos ke babak selanjutnya.

Besar di Eropa

Tak heran jika Kharja dan Manucho kini memuncaki top skor Piala Afrika. Kedua pemain ini menghabiskan karirnya di klub-klub Eropa.

Kharja saat ini tercatat sebagai pemain Fiorentina, dengan status kepemilikan bersama dengan Genoa. Pemain 29 tahun ini telah 11 kali tampil bersama klub asal Florence tersebut musim ini.

Pengalaman terbesar Kharja adalah saat pertengahan musim lalu membela Inter Milan dengan status pemain pinjaman. Bersama Nerazzurri dia tampil 15 kali dan mencetak 1 gol.

Sementara itu, Manucho kini tercatat sebagai pemain pinjaman klub Turki, Manisaspor. Dia dipinjam Manisaspor dari klub Divisi Segunda Liga Spanyol, Real Valladolid. Pada tahun 2009 dia sempat membela Valladolid di La Liga dan mencetak 5 gol dari 31 penampilan.

Pada musim 2008-09, Manucho mendapat pengalaman berharga dengan menjadi pemain Manchester United. Namun bersama MU, dia hanya tampil 2 kali, 1 laga Premier League dan 1 laga Piala Carling. Setelah itu dia dipinjamkan ke Panathinaikos dan dan Hull City sebelum akhirnya bergabung dengan Valladolid pada 2009. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya