Pemain Lokal Masih Lebih Mengkilap dari Legiun Asing

Pemain Sriwijaya FC melakukan selebrasi gol
Sumber :
  • ANTARA/ Feny Selly
VIVAbola
Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
- Pemain-pemain lokal mulai menunjukan aksinya di Indonesia Super League 2013. Kualitas dan ketajaman mereka tidak kalah dengan legiun-legiun asing yang bertebaran di liga kasta tertinggi tanah air.

Kesalnya Pelatih BSU Usai Dikalahkan 10 Pemain Persipura

Berdasarkan papan topscorer sementara, tercatat empat pemain Indonesia yang sudah membukukan lima gol sejauh ini. Sedangkan hanya dua pemain asing yang mencatatkan hal serupa.
Dramatis, 10 Pemain Persipura Tekuk Tuan Rumah BSU


6 Topscorer ISL sejauh ini:
1. Cristian Gonzales (Arema Indonesia)

Penampilan pemain naturalisasi berdarah Uruguay ini seakan kembali menemukan performanya bersama Arema. Lima gol sudah ia lesakan dalam delapan laga awal musim ini.

Tiga gol ia bukukan saat Arema menggasak Persidafon Dafonsoro 5-2 pada laga 9 Januari 2013 lalu. Lalu satu gol masih-masih El Loco lesakkan ke gawang Persiram Raja Ampat dan Mitra Kukar.


Sayang, pada laga terakhir pemain yang sudah menginjak 37 tahun itu gagal menambah pundi-pundi golnya saat Arema menang 2-1 atas Persija Jakarta, akhir pekan lalu.


2. Zulham Zamrun (Mitra Kukar)

Winger yang memiliki kecepatan ini sedang dalam performa terbaiknya. Zulham musim ini sudah mengemas lima gol dalam tujuh laga. Sangat jauh dengan hanya total dua gol sepanjang musim lalu.


Aksi Zulham memuncak saat Mitra Kukar melumat juara bertahan ISL, Sriwijaya FC, 4-2, 26 Januari lalu. Stadion Aji Imbut disuguhkan tiga buah gol cantik oleh pemain 24 tahun tersebut.

 

Penampilan ciamik ZZ7 -julukan Zulham- turut sukses mendongkrak Mitra Kukar untuk memuncaki puncak klasemen sementara ISL dengan koleksi 16 poin, unggul 1 dari Arema.


3. Boaz Solossa (Persipura Jayapura)

Kapten "Mutiara Hitam" bangkit setelah berkutat dengan cedera panjang musim lalu. Boaz mampu tampil beringas. Lima gol sudah ia cetak dalam enam laga saja.


Sepasang gol Boaz membantu Persipura menekuk Persela Lamongan dan Persepam Madura United di Stadion Manahan. Satu gol lagi sukses ia cetak saat bertandang dan merebut satu poin Persita Tangerang.


Lima gol Boaz juga membuat Persipura menjadi klub dengan selisih gol terbaik di ISL sejauh ini. Salah satu wakil Indonesia timur itu sudah membukukan 12 gol dan hanya kebobolan 3 kali saja.


4. Ferdinand Sinaga (Persisam Samarinda)

Hijrah dari Semen Padang, Ferdinand terus menunjukan kualitasnya untuk bersaing di ISL. Punggawa Timnas Indonesia di SEA Games 2011 lalu itu menjadi salah satu mesin gol "Pesut Mahakam".


Pelita Bandung Raya, Mitra Kukar, Barito Putera, Sriwijaya FC menjadi korban agresifitas pemain 24 tahun kelahiran Bengkulu tersebut. Sayang, Persisam masih tertahan di posisi enam klasemen karena sering kehilangan poin di laga tandang.


5. Lancine Kone (Persisam Samarinda)

Salah satu pemain paling konsisten mencetak gol untuk Persisam musim ini. Dua dari lima gol ia lesakan saat membawa Persisam menghajar Sriwijaya FC, akhir Januari lalu.


Sedangkan tiga gol lagi masing-masing ia cetak saat menundukan Persib Bandung, lalu saat berhasil merebut satu poin dari kandang Persija Jakarta dan PSPS Pekanbaru.


6. Boakay Eddie Foday (Sriwijaya FC)

Tampil kurang meyakinkan di awal-awal musim, Boakay langsung tampil memikat saat mencetak hat-trick ke gawang Persija Jakarta. Sepakan keras dari luar kotak penaltinya terbukti ampuh merobek gawang lawan.


Satu gol Boakay juga turut membawa SFC merebut kemenangan dramatis atas Barito Putera dan tim kuda hitam, Persisam Samarinda.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya