Kiper Soton Ini Jadi "Pahlawan" Kemenangan Arsenal

Kiper Stoke City, Asmir Begovic (kiri), dan Artur Boruc
Kiper Stoke City, Asmir Begovic (kiri), dan Artur Boruc
Sumber :
  • Independent.co.uk

VIVAbola - Oliver Giroud boleh menyabet status man of the match setelah sukses memborong dua gol kemenangan Arsenal atas Southampton di Emirates Stadion, malam tadi. Namun tak sedikit yang menganggap justru kiper Soton lah yang pantas menyabetnya.

Ya, Artur Boruc memang sukses menjadi "pahlawan" Arsenal. Gol pertama Giroud memang tak lepas dari kecerobohan kiper Soton ini. Keputusan Boruc memainkan bola di sarangnya harus dibayar mahal dengan gol pembuka Giroud.

Sebelum bola berhasil direbut Giroud dan berbuah gol bagi Arsenal, Boruc sebenarnya punya tiga kesempatan untuk mencegah gol terjadi. Namun Boruc kembali membuat keteledoran yang justru memainkan bola.

Keputusan Boruc tidak mengumpan atau membuang bola berhasil dimanfaatkan Giroud yang berhasil merebut bola. Boruc yang justru terjatuh harus rela melihat Giroud membobol gawangnya.

Dan aksi konyol Boruc ini akhirnya dilengkapi dengan kesalahannya membaca arah bola hasil tendangan penalti untuk gol kedua Arsenal. Penalti ini diberikan setelah Per Mertesacker ditarik bek Soton saat mencoba menanduk bola.. Giroud sukses mencetak gol kedua lewat titik putih.

Ironisnya, kecerobohan Boruc ini terjadi tiga pekan setelah ia juga membuat kecerobohan yang membuat Soton harus rela bermain imbang dengan Stoke City. Saat itu, Boruc yang maju terlalu ke depan harus kebobolan lewat tendangan gawang dari kiper Stoke, Asmir Begovic.

"Saya berjanji akan mendapatkan dua poin itu kembali," ujar Boruc, 33 tahun, setelah membuat kecerobohan lawan Stoke, tiga pekan lalu.

Sayang janji Boruc tak terwujud bahkan kiper Polandia ini kini kembali punya andil besar saat Soton harus kehilangan tiga poin di kandang Arsenal. (eh)