Piala Eropa 2016

Tinta Emas Wales dan 'Sihir' Bale di Kualifikasi Piala Eropa

Pemain dan pelatih Timnas Wales, Gareth Bale (kiri) dan Chris Coleman (kanan).
Sumber :
  • Reuters / Andrew Boyers

VIVA.co.id - Wales berhasil memastikan diri lolos ke putaran final Piala Eropa 2016, Prancis. Keberhasilan Wales lolos ke Prancis ternyata menjadi prestasi manis bagi negara tersebut di turnamen internasional.

Dilansir Opta, ini menjadi kali pertama Wales lolos ke putaran final turnamen internasional sejak 1958. Rekor mereka sepanjang kualifikasi adalah menang 5 kali, imbang di 3 pertemuan, dan cuma kalah sekali. Dengan begitu, Wales berhasil mengoleksi 18 poin hingga matchday 9. Status kelolosan Wales ke Prancis pun masih bisa meningkat.

Saat ini, Wales masih berada di posisi kedua. Mereka cuma terpaut 2 angka saja dari Belgia. Andai Belgia kalah dari Israel di partai pamungkas, Wales bisa saja naik ke posisi pertama jika mampu menang atas Andorra.

Keberhasilan Wales lolos ke putaran final Piala Eropa tak lepas dari peran Gareth Bale di dalam tim. Ya, winger Real Madrid tersebut menjadi motor utama Wales sepanjang babak kualifikasi.

Buktinya, lewat torehan 6 gol dan 2 assist, Bale berhasil mempersembahkan 11 poin di sepanjang putaran kualifikasi. Dengan statistik tersebut, Bale ternyata menjadi pemain paling berpengaruh di dalam tim sepanjang babak kualifikasi.

Wales lolos ke Prancis meski kalah dengan skor 0-2 dari Bosnia-Herzegovina. Rekor Wales saat bertemu Bosnia memang cukup buruk. Dalam empat pertemuan, Wales belum pernah menang. Maksimal, mereka hanya bisa menahan imbang Bosnia. Itu pun dilakukan sebanyak 2 kali saja.

Giggs Tolak Nakhodai Timnas Wales

"Ini adalah mimpi, mimpi yang sudah menjadi kenyataan. Kami sudah memimpikan lolos ke Piala Eropa sejak lama. Sudah banyak kekecewaan, hampir lolos, dan tak pernah lolos. Namun, akhirnya kami bisa memastikan lolos untuk kali pertama," kata pelatih Wales, Chris Coleman, seperti dilansir situs resmi UEFA.

(mus)

Real Madrid Bakal Naikkan Gaji Ronaldo dan Bale
Gelandang Manchester United, Paul Pogba.

Pogba Catat Rekor, Ini Daftar 10 Pemain Termahal Dunia

Pogba mengalahkan rekor Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016