Striker Veteran Liverpool Jadi Top Scorer Liga Belanda

Pemain Belanda, Dirk Kuyt
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Moraes
VIVA.co.id
5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League
- Ingatan tentang Dirk Kuyt, yang kini sudah berusia 35 tahun, mungkin sudah mulai tergerus di Liverpool. Salah satu momen terindah penyerang asal Belanda, itu adalah hattrick pertamanya untuk Liverpool di Old Trafford pada 2011.

Liverpool Sudah Temuka Pengganti Juergen Klopp

Kuyt mencetak beberapa gol penting lainnya bagi Liverpool, termasuk tujuh gol di Liga Champions musim 2007/2008. Di antaranya satu gol ke gawang Arsenal pada perempat final, serta di semifinal melawan Chelsea.
Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool


Dibeli Liverpool pada 26 Agustus 2006, Kuyt bermain selama enam musim hingga dilepas ke Fenerbahce pada 3 Juni 2012. Pada usia yang tak muda lagi, Kuyt kembali bergabung dengan klub lamanya, Feyenoord, pada April 2015.


Dikutip dari
Metro
, Jumat, 30 Oktober, Kuyt membuktikan bahwa karirnya belum habis. Feyenoord finis dengan perbedaan 26 poin dari juara Eredivisie PSV, pada musim lalu. Tapi, mereka jadi penantang titel paling serius musim ini, dengan delapan kali tidak terkalahkan.


Kuyt tercatat sebagai top scorer sementara Liga Belanda (Eredivisie) dengan 12 gol dari 11 pertandingan. Termasuk hattricknya saat Feyenoord mengalahkan Heerenveen 5-2, dan itu diulanginya ke gawang AZ Alkmaar, sepekan kemudian.


Dua hattrick berturut-turut di usia 35 tahun, sungguh mengembalikan ingatan bagaimana 'mematikannya' Kuyt di masa lalu. Dia memulai karir profesional bersama FC Utrecht pada 1998.


Lima tahun kemudian dibeli Feyenoord dengan harga 1 juta euro. Kuyt menjadi top scorer klub selama 3 musim berturut-turut, serta top scorer Eredivisie pada musim 2004/2005.


Dia mencetak 83 gol selama 3 tahun bersama Feyenoord, sebelum diboyong Liverpool dengan nilai transfer £10 juta. Kuyt mencetak 51 gol bagi Liverpool, hanya di Premier League saja.


Ada lima pemain yang pernah mencetak lebih dari 50 gol bagi Liverpool di Premier League. Kuyt juga mencetak tiga gol di Piala FA, dua gol di Piala Liga dan 15 gol dalam kompetisi Eropa. Total, dia membuat 71 gol untuk Liverpool.


Sementara itu, untuk timnas Belanda, dia mencetak 24 gol dari 104 penampilan. Sejak awal karirnya, dia sudah bermain 731 kali di semua kompetisi profesional, mencetak 269 gol dan masih bisa bertambah dengan Feyenoord. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya