8 Kiper yang Punya Koleksi Gol Fantastis

Kiper Sao Paolo, Rogerio Ceni
Sumber :

VIVA.co.id - Tugas utama seorang kiper atau penjaga gawang adalah mengamankan gawangnya agar tidak kebobolan. Sangat jarang seorang kiper membantu penyerangan, bahkan mencetak gol.

Namun, di antara kiper yang ada di dunia ini, ada juga kiper yang punya kemampuan langka. Selain andal di bawah mistar gawang, mereka juga punya kemampuan mencetak gol. Gol-gol tersebut biasanya lahir dari eksekusi bola mati, baik tendangan penalti maupun tendangan bebas.

Kiper paling fenomenal adalah Rogerio Ceni, yang baru saja memutuskan pensiun dari lapangan hijau. Lebih dari 100 gol sanggup dikoleksi pemain yang sepanjang karirnya hanya membela klub Brasil, Sao Paulo, ini.

Kiper Paling Jago Cetak Gol di Dunia Akhirnya Pensiun

(Baca juga: Penghormatan Terakhir Ronaldinho untuk Kiper Haus Gol Brasil)

Berikut 8 kiper yang paling sering mencetak gol:

8. Hans-Joerg Butt (32 gol)
Butt hanya menempati peringkat 8 kiper yang paling sering mencetak gol. Yang membuat pria 41 tahun ini istimewa, dia satu-satunya yang mampu mencetak banyak gol di liga top Eropa.

Berbeda dengan kiper lainnya yang bermain di liga yang kurang kompetitif, Butt mampu mencetak banyak gol di ajang Bundesliga. 26 gol yang dicetaknya di Bundesliga menjadi rekor untuk seorang kiper di Jerman.

Jika ditotal, Butt sanggup mencetak 32 gol sepanjang karirnya. Gol-gol tersebut lahir saat membela VfB Oldenburg, Hamburg, Bayer Leverkusen, dan Bayern Munich. Sebagian besar golnya lahir lewat titik penalti.

Penghormatan Terakhir Ronaldinho untuk Kiper Haus Gol Brasil

Butt sudah memutuskan pensiun pada 2012 lalu. Dia sempat 4 kali membela Timnas Jerman.

7. Jorge Campos (34 gol)

Pemain yang satu ini punya bakat langka. Dia bisa tampil sebagai kiper dan juga striker. Saat tampil di level klub, pemain asal Meksiko ini pernah tampil sebagai kiper, lalu berganti posisi sebagai striker.


Sepanjang karirnya, Campos mengoleksi 34 gol. Gol-gol tersebut lahir saat membela dua klub Meksiko, UNAM Pumas dan Atlante. Campos tercatat 130 kali membela Timnas Meksiko, di periode 1991-2004, dan sukses meraih 1 gelar Piala Konfederasi dan 2 Piala Emas CONCACAF. Kiper bergaya eksentrik ini sudah memutuskan pensiun pada 2004 lalu.



6. Marcio (34 gol)
Di posisi selanjutnya, ada kiper asal Brasil, Marcio. Pemilik nama lengkap Márcio Luiz Silva Lopes Santos Souza ini mengoleksi jumlah gol yang sama dengan Jorge Campos, yakni 34 gol.


Namun, gol-gol Marcio dicetak bukan di kasta teratas liga. Dia hanya bermain di Brasileirao Série B atau kasta kedua Liga Brasil. Gol yang dicetak pemain 34 tahun ini diraih bersama Bahia, Fortaleza, dan Atlético Goianiense. Sampai saat ini, dia masih tercatat sebagai pemain aktif dan masih bisa menambah pundi-pundi golnya.

5. Johnny Vegas Fernández (39 gol)

Ternyata Peru juga punya kiper yang haus gol. Dia adalah Johnny Vegas Fernández, yang kini membela klub kasta kedua Peru, Pacífico.


Sebanyak 39 gol telah dikoleksi Fernandez bersama klub-klubnya dari mulai Sport Boys, Union Huaral, Universidad San Martín de Porres, FBC Melgar, Sport Ancash, dan Cienciano. 30 gol dicetak lewat titik penalti dan 9 gol lainnya lahir lewat eksekusi tendangan bebas.

Sama seperti Marcio, Fernandez juga masih berstatus pemain aktif. Pemain 39 tahun ini masih bisa menambah koleksi golnya.



4. Rene Higuita (41 gol)

Di posisi 4 kiper paling banyak mencetak gol, ada kiper eksentrik asal Kolombia, Rene Higuita. Kiper yang juga terkenal dengan aksi "tendangan kalajengking" ini tercatat punya banyak gol sepanjang karirnya pada 1985-2010.
Rene Higuita saat melakukan aksi tendangan kalajengking

Dalam 25 tahun karirnya, Higuita bermain dengan 14 klub yang berbeda. Dia sukses menorehkan 41 gol di klub-klub tersebut.

Sementara itu, di Timnas Kolombia, Higuita mencetak 7 gol dari 68 penampilan. Gol-gol Higuita biasa lahir dari tendangan bebas dan eksekusi penalti.

3. Dimitar Ivankov (42 gol)

Selanjutnya ada kiper asal Bulgaria, Dimitar Ivankov. Sepanjang karirnya pada 1996-2011, pria 40 tahun ini telah mengoleksi 42 gol.

Gol-gol tersebut dicetak di berbagai klub dari mulai Levski Sofia, Kayserispor, dan Bursaspor. Ivankov punya keahlian dalam mengeksekusi tendangan penalti.

Ivankov sempat 64 kali membela Timnas Bulgaria pada 1998-2010. Dia menjadi pilihan utama Bulgaria di Piala Eropa 2004.

   

2. Jose Luis Chilavert (62 gol)

Selanjutnya ada kiper legendaris Paraguay, Jose Luis Chilavert. Sejak berkarir pada 1982 hingga pensiun pada 2004, torehan gol Chilavert menembus angka 62.


Yang membuat Chilavert begitu istimewa, dia tercatat sebagai satu-satunya kiper di dunia yang sanggup mencetak hattrick. Tiga gol dicetak lewat titik penalti saat membela timnya, Velez Sarsfield, melawan Ferro Carril Oeste. Laga yang berlangsung pada November 1999 ini dimenangkan Velez dengan skor telak 6-1.

Rekor lain Chilavert adalah kiper yang paling banyak mencetak gol di level internasional. Dia mencetak 8 gol dari 74 penampilan bersama Timnas Paraguay.

1.Rogerio Ceni (131 gol)

Ini dia kiper yang punya jumlah gol terbanyak sepanjang masa. Bayangkan, 131 gol mampu dilesakkan kiper asal Brasil ini bersama Sao Paulo dalam 1.236 pertandingan.

Kiper Sao Paulo, Rogerio Ceni
Ceni memulai karir profesional pada 1993 bersama Sao Paulo, dan tetap bertahan bersama klub Brasil tersebut sampai pengujung karirnya. Ceni tercatat 16 kali membela Timnas Brasil. Namun, ia gagal mencetak gol di level internasional.

Dia akhirnya memutuskan untuk menggantung sarung tangannya, 6 Desember 2015. Namanya akan selalu dikenang sampai kapan pun. Rasanya, sulit bagi kiper mana pun untuk menyamai rekor gol Ceni. (one)

Kiper Sao Paolo Rogerio Ceni

Posisi Kiper, Pemain Ini Pensiun dengan Rekor Gol

Selain tangguh menjaga gawang dia juga spesialis tendangan bebas.

img_title
VIVA.co.id
14 Desember 2015